Korea Utara Melaporkan Wabah Virus Covid Pertama Sejak Pandemi Dimulai

Jabarekspres.com- Korea Utara telah mengkonfirmasi wabah virus Covid pertamanya, meningkatkan kekhawatiran akan bencana kemanusiaan di satu-satunya negara yang tidak divaksinasi di dunia.

 

Pihak berwenang mendeteksi sub-varian varian virus covid Omicron yang sangat menular, BA.2, pada orang-orang di Pyongyang, Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) yang dikelola pemerintah melaporkan pada hari Kamis, tanpa merinci jumlah kasus yang dikonfirmasi.

 

“Ada insiden darurat terbesar di negara ini, dengan lubang di bagian depan karantina darurat kami, yang telah disimpan dengan aman selama dua tahun dan tiga bulan terakhir sejak Februari 2020,” kata penyiar negara.

 

Ia menambahkan bahwa upaya kontrol “maksimum” sedang diberlakukan di Pyongyang.

 

Korea Utara, yang menutup perbatasannya pada Januari 2020, telah menjadi salah satu dari sedikit negara di Bumi yang tidak melaporkan wabah COVID-19, meskipun para analis telah lama menyatakan keraguan tentang angka resmi mengingat perbatasan darat negara itu yang panjang dan keropos dengan China. .

 

Analis mengatakan pengakuan publik Pyongyang tentang wabah itu mungkin merupakan tanda parahnya situasi, tetapi tidak selalu merupakan tanda bahwa pemimpin Kim Jong Un akan menerima bantuan dari luar.

 

“Pyongyang kemungkinan akan menggandakan penguncian, meskipun kegagalan strategi nol-Covid China menunjukkan bahwa pendekatan itu tidak akan berhasil melawan varian omicron,” Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul, mengatakan dalam komentar email. “Korea Utara memasuki periode ketidakpastian dalam mengelola tantangan domestik dan isolasi internasionalnya. Rezim Kim akan disarankan untuk menelan harga dirinya dan segera mencari sumbangan vaksin dan terapi.”

 

Surat kabar resmi Rodong Sinmun melaporkan Politbiro dari Partai Buruh yang berkuasa mengakui telah terjadi “pelanggaran” dalam pertahanan virus negara tersebut, dan mengkritik departemen yang menangani epidemi karena “kecerobohan, kelalaian, tidak bertanggung jawab, dan ketidakmampuan” dalam “kegagalan ” untuk menanggapi percepatan transmisi di seluruh dunia, menurut outlet media NK News.

 

NK News mengatakan penguncian diberlakukan pada 10 Mei.

 

China saat ini sedang memerangi puluhan wabah virus termasuk di Dandong, yang merupakan mata rantai perdagangan utama Korea Utara dengan negara itu. Pyongyang menangguhkan kargo kereta api masuk dari China pada akhir April sebagai akibat dari wabah tersebut, hanya empat bulan setelah melanjutkan layanan, menurut NK News

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan