Presiden Ukraina Jual Jaket Rp1,6 Miliar, Demi Galang Dana Untuk Pusat Medis Anak di Ukraina

JABAREKSPRES.COM –  Kedutaan besar Ukraina untuk Inggris menyelenggarakan acara penggalangan dana untuk kebutuhan kesehatan anak-anak di Ukraina. Acara yang diselenggarakan di London tersebut ada yang unik, pasalnya Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyumbangkan Jaket miliknya untuk di jual dalam acara tersebut.

Benar saja, Jaket tersebut berhasil terjual dengan harga fantastis senilai US$ 111.000 atau Rp 1,6 miliar.

Jaket berwarna coklat tersebut ditandatangani langsung oleh Volodymyr Zelensky.

“Hari ini, seluruh dunia melihat seorang pria yang mengenakan jaket bulu sederhana,” kata Kedubes Ukraina untuk Inggris dalam sebuah video yang diposting di Twitter, dikutip dari laman CNN pada Senin (9/5).

Postingan tersebut juga menyertakan cuplikan Zelensky yang mengenakan jaket tersebut.

“Dan sekarang barang ikonik, yang ditandatangani secara pribadi oleh Presiden Zelensky, ada di sini,” tulis Kedubes Ukraina.

Menurut cuitan tweet dari Kedutaan Ukraina itu, tujuan dari acara penggalangan dana tersebut adalah untuk menceritakan kisah keberanian Ukraina selama perang melawan Rusia. Serta mengumpulkan dana untuk mendukung keberanian itu.

Selain jaket Presiden Ukraina, penggalangan dana bertajuk ‘Brave Ukraina’ ini juga menyediakan mainan yang disumbangkan oleh Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska dan foto-foto oleh mendiang fotografer Max Levine.

Penggalana dana yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Ukraina di London ini digelar di galeri seni Tate Modern. Acara ini mampu mengumpulkan dana lebih dari USD 1 juta. Sebagian besar dana akan digunakan untuk peralatan Pusat Medis Khusus Anak di Ukraina Barat.

Dalam sesi pidato, hadir pula Perdana Menteri Inggris Boris Johnson melalui panggilan video yang memuji kepemimpinan Zelensky.

“Sebuah kehormatan untuk berbicara setelah teman saya Volodymyr Zelenskyy, sosok yang sungguh luar biasa sebagai pemimpin di zaman modern ini,” kata Boris Johnson. (rb/rit)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan