Libur Lebaran 2022, Restoran di Kab Bandung Capai Pertumbuhan Pesat Hingga 80 Persen

GARUT – Kegiatan mudik dan Lebaran tahun 2022 memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap pertumbuhan di sektor kuliner. Khususnya, usaha rumah makan di jalur mudik yang kembali pulih dan dibanjiri pengunjung.

Geliat bisnis di sektor kuliner itu, salah satunya dialami oleh Rumah Makan Darmaga Sunda di Jalan Raya Nagreg, Citaman, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung.

Manajer Restoran Darmaga Sunda Nagreg, Alif Anwar (27), mengatakan pertumbuhan sangat pesat bahkan mencapai 70-80%.

“Untuk dipersenkan itu alhamdulillah pertumbuhan pesat 70-80%. Karena yang mudik juga diperbolehkan, jadi yang berkunjung juga meningkat. Mudah-mudahan ke depannya bisa konsisten, bahkan kunjungannya bisa meningkat lagi,” ujar Alif kepada Jabar Ekspres, Selasa (3/5) malam.

Darmaga Sunda Nagreg yang bisa menampung 2.000 pengunjung ini, memiliki kenaikan pengunjung dari 35-45% saat pandemi, sekarang mencapai kenaikan pengunjung hingga 80%. Bahkan, kunjungan paling rendah ada di kisaran 55% kapasitas restoran.

“Dua tahun ke belakang (saat pandemi), customer kita 700 sampai 800, itu juga kan terbatas karena dine in disekat, jaga jarak juga, tidak terlalu banyak customer,” jelas Alif.

“Peningkatan customer sampai 1.500-1.600 (pengunjung). Meningkat terus paling rendah ada di angka 1.100 (pengunjung),” sambungnya.

Saat pertengahan puasa, ucapnya, sudah mulai banyak tamu yang melakukan buka bersama terutama dari Perseroan Terbatas (PT) yang melakukan reservasi untuk 80 hingga 100 orang. Kunjungan semakin meningkat menjelang lebaran dan pada momen mudik lebaran 2022.

“Semakin kesini semakin meningkat. Meningkat (kunjungan) dari pas puasa, menjelang lebaran, sampai sekarang pas libur lebaran, alhamdulillah mulai ramai dari pagi sampai malam,” tuturnya.

Alif mengaku, pihaknya berterima kasih kepada pemerintah karena telah menetapkan mudik 2022 terlaksanakan.

“PHRI, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia sangat berterima kasih. Sangat berarti (diperbolehkannya mudik) untuk pengusaha, apalagi pengusaha restoran. Saya sangat berterima kasih karena banyak masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, semoga ke depannya keadaan bisa menjadi lebih baik lagi,” tandasnya. (mg6/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan