Selain Kemacetan, Pemudik Harus Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang yang akan Terjadi Hari ini

JAKARTA – Hujan lebat dengan angin kencang disertai petir diprediksi akan terjadi pada hari ini Sabtu (30/4) yang Merata terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Warga diharapkan mewaspadai hal tersebut dan mengantisipasinya dengan menggurangi aktifitas diluar rumah. Peringatan juga diberikan kepada pemudik yang masih melakukan perjalanan.

Peringatan tersebut dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dalam peringatan dini Cuaca di situs resmi BMKG pda Sabtu (30/4)

BMKG  memprakirakan potensi hujan lebat di wilayah yang berada di Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Kemungkinan hujan lebat juga dapat terjadi di daerah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Papua Barat.

Sementara itu, hujan dengan intensitas lebih ringan dapat terjadi di Sumatera Utara, DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, hujan ringan berpotensi terjadi di Jakarta Barat dan Pusat pada siang, malam dan dini hari. Untuk Jakarta Selatan dan Timur hujan ringan berpotensi terjadi pada siang hari.

Hujan ringan juga diprakirakan terjadi di Jakarta Utara pada malam dan dini hari serta Kepulauan Seribu pada dini hari.

BMKG juga memasukkan sejumlah daerah dalam kategori waspada dampak hujan lebat pada hari ini yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur dan Banten.

Kategori waspada juga diberikan kepada Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Papua Barat dan Papua.(pojoksatu/rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan