Airlangga Hartarto: KEK BAT dan KEK NDP di Batam Salah Satu Akselerasi Percepatan Pertumbuhan Perekonomian

Potensi ini memiliki nilai bisnis sekitar US$100 miliar pada 2025. Biaya akan bersaing dengan negara tetangga, dengan air traffic yang besar, dengan lokasi Batam yang strategis.

Kunjungan kemudian dilanjutkan ke KEK NDP yang memiliki luas 166,45 hektare dan beroperasi sebagai KEK melalui PP Nomor 68 Tahun 2021.

KEK NDP nantinya akan dikembangkan untuk berbagai kegiatan yang antara lain mencakup Riset, Ekonomi Digital, dan Pengembangan Teknologi serta Pariwisata, Pendidikan, dan Industri Kreatif.

Target total investasi untuk KEK ini yakni sebesar Rp39 triliun, yang terdiri atas investasi pembangunan kawasan sebesar Rp1,3 triliun dan investasi pelaku usaha sebesar Rp37,7 triliun.

Sementara itu, target penyerapan tenaga kerja sebesar 16.500 orang di 2040, dan telah berhasil terealisasi hingga 1.070 orang pada akhir 2021.

Selama ini progress pengembangan sudah berjalan dengan adanya berbagai industri digital animasi, dan sejak diberikannya status KEK pada Juni 2021 lalu.

Selain itu, akan ada 11 perusahaan Data Center yang berkomitmen berinvestasi senilai sekitar Rp14 triliun, dan kebutuhan tenaga listriknya yaitu di atas 125 MW.

Untuk itu. Pihaknya akan terus mendorong supaya NDP bisa merealisasikan investasinya dalam waktu dekat ini.

Target investasi di NDP yakni sekitar Rp60 triliun, tapi yang disanggupi baru Rp40 triliun, jadi kita lihat secara bertahap antara Rp40-Rp60 triliun.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga diinformasikan mengenai perkembangan pendidikan talenta digital di KEK NDP yang bekerja sama dengan beberapa mitra di bidang edukasi.

Beberapa mitra digital akan hadir untuk memberikan Pendidikan Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) University Australia untuk Cyber Security course, Amazon Web Services (AWS) untuk cloud data management, dan yang terakhir dengan Epic Games untuk mengadakan training for trainer menggunakan platform Unreal Engine.

Sementara itu, Mike Wiluan selaku CEO Nongsa Digital Park mengatakan, Nongsa digital Park diharapkan dapat mengembangkan SDM khususnya di bidang IT.

Mike juga menambahkan rencana Infinite Studio untuk membangun virtual studio. Sehingga harapannya KEK NDP nantinya dapat memberikan kontribusi pada usaha IT ke perekonomian nasional.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan