Tips Mengelola THR agar Tidak Cepat Habis

JABAREKSPRES.COM – Mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) membuat sebagian orang menjadi kalap dan panic buyying, karena seakan mendapat rejeki tak terduga diluar gaji pokok. THR merupakan kewajiban perusahaan yang diberikan sebagai tunjangan untuk karyawan atau pegawai agar dapat merayakan hari raya.

Sayangnya, tidak terkontrolnya pengeluaran membuat THR menjadi cepat habis, apalagi bila pengelolaan keuangannya tidak terencana dengan baik, maka THR akan menjadi sumber pemborosan yang akan disesali dikemudian hari.

Jika kamu tidak bisa mengatur pengeluaran tersebut, keuangan kamu nantinya bisa menjadi tidak sehat.

Untuk bisa mengatur keuangan dengan baik, ada baiknya memperhatikan cara untuk mengelola THR agar uang tersebut tidak cepat habis dan dapat digunakan saat ada keperluan.

1. Membuat Catatan Pengeluaran

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat suatu catatan pengeluaran sesuai dengan tujuan yang kamu miliki, seperti memisahkan uang THR dengan gaji bulanan dan tentukan dari masing-masing keuangan tersebut akan digunakan untuk apa.

Sebaiknya, yang kamu lakukan adalah dengan menyisihkan uang THR untuk keperluan mendesak atau untuk investasi. Karena kamu akan merasakan manfaat dari dana itu dikemudian hari.

2. Mengutamakan Kebutuhan

Pada saat tibanya hari raya Idul Fitri kita akan dihadapkan oleh beberapa tradisi seperti membeli parcel untuk dibagikan kepada saudara atau sahabat dan membeli pakaian baru untuk dikenakan pada saat tibanya hari raya nanti.

Namun, sebelum berniat untuk membelinya nanti, sebaiknya kamu mengukur terlebih dahulu sampai mana kemampuan yang kamu miliki.

Apabila kamu ternyata tidak memiliki kemampuan yang lebih untuk melakukan tradisi tersebut, ada baiknya kamu mengutamakan kebutuhanmu terlebih dahulu. Nah untuk bisa mengetahui sebenarnya apa yang kamu butuhkan, sebaiknya anda membuat daftar prioritas kebutuhan.

Sehingga nantinya uang THR akan dialokasikan dengan baik.

3. Sisihkan untuk Zakat dan Sedekah

Saat menjelang Idul Fitri, umat Islam memiliki kewajiban untuk membayar zakat fitrah. Maka tips untuk mengelola THR selanjutnya adalah dengan sisihkan uang tersebut untuk membayar zakat dan juga bersedekah di bulan Ramadhan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan