Link Pendaftaran UMPTKIN 2022, Lengkap dengan Tata Cara, Syarat dan Jadwal Ujian

Jabarekspres.com – Inilah link pendaftaran UMPTKIN 2022 lengkap dengan tata cara, syarat dan jadwal ujiannya.

Bagi Anda yang ingin melakukan pendaftaran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) kini telah resmi dibuka pada Senin 25, April 2022.

Oleh karena itu simak terus artikel ini sampai selesai karena terdapat tata cara, syarat, dan untuk link Pendaftaran UMPTKIN 2022 berada pada akhir halaman.

Pendaftaran UMPTKIN 2022 dilakukan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri misalnya Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) melalui jalur ujian tertulis.

Perlu diketahui, tes jalur UMPTKIN ini dapat diikuti oleh siswa lulusan MA/MAK/SMA/SMK Sederajat pada tahun 2020, 2021, dan 2022.

Berikut ini syarat bagi calon peserta yang akan mendaftarkan diri ke perguruan tinggi yang mereka idamkan.

1. Siswa lulus tahun 2020, 2021, dan 2022 dari Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/ SMK/ Pesantren Muadalah atau yang sederajat dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI.

2. Bagi siswa yang lulus tahun 2020 dan 2021 harus sudah memiliki ijazah.

3. Bagi siswa lulusan tahun 2022 harus menyertakan Surat Keterangan Lulus/ Ijazah dari Kepala Madrasah, Sekolah atau Pesantren Muadalah yang juga dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan ditandai dengan stempel Madrasah, Sekolah atau Pesantren Muadalah.

4. Ijazah atau Surat Keterangan Lulus dari asal sekolah madrasah setempat akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian.

5. Sehat jasmani dan rohani yang dinyatakan dengan surat keterangan sehat dari dokter/rumah sakit. Sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

6. Membayar biaya UM-PTKIN melalui bank yang telahditetapkan oleh Panitia Nasional (BNI dan BNI Syariah). Siapkan biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000 (belum termasuk biaya tambahan jika transaksi menggunakan Virtual Account).

Simak langkah-langkah atau tata cara Pendaftaran UMPTKIN 2022.

1. Calon peserta dapat mendaftar secara online melalui link pendaftaran UMPTKIN 2022

2. Pilih daftar

3. Isi data diri yang dibutuhkan dengan benar

4. Jika semua sudah terisi ikuti langkah selanjutnya hingga mendapatkan nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), PIN serta informasi nominal yang harus dibayarkan dan tatacara pembayaran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan