oleh

Mengantuk Saat Beraktivitas Ditengah Puasa? Berikut Cara Mencegahnya

Jabarekpsres.com – Kendala rasa mengantuk yang terjadi saat beraktivitas di bulan puasa menjadi kendala terbesar. Terlebih kadar gula darah menurun saat berpuasa sehinga membuat tubuh lemas dan otak sulit berkonsentrasi.

Hal tersebut menyebabkan rasa mengantuk yang berlebihan dan dapat mengganggu produktivitas saat puasa. Umumnya akan terasa di jam-jam tertentu seperti sekitar pukul 2 hingga 5 sore.

Melansir Indian Express, Dr Manoj Kutteri, Direktur Kesehatan di Atmantan Wellness Centre mengatakan. Efek puasa yang seringkali di rasakan banyak orang adalah merasa lesu dan kekurangan energi.

Di hari biasa, mungkin kita terbiasa minum secangkir kopi atau sekedar memakan camilan untuk mengusir rasa kantuk dan menambah energi.

Aktivitas sehari-hari masih tetap sama di lakukan saat berpuasa. Harus dengan cara lain untuk memecahkan solusi ini saat berpuasa.

Berikut merupakan cara cegah rasa mengantuk saat berpuasa dan ketika sedang beraktivitas.

  1. Sesuaikan waktu tidur saat berpuasa. Tentu perubahan pola tidur sangat terasa karena harus bangun sebelum subuh untuk makan sahur. Inilah penyebab mengapa orang sering merasa mengantuk di siang hari. Mencegahnya yakni dengan memastikan kualitas dan pola tidur yang cukup di malam hari, seperti tidur lebih awal. Hindari tidur setelah makan sahur dan beribadah karena justru akan menyebabkan tubuh menjadi lesu.
  2. Minum air putih yang cukup. Minumlah setidaknya dua gelas air saat sahur untuk mencegah dehidrasi. Berkurangnya garam dalam tubuh cenderung membuat tubuh lebih cepat kehilangan cairan. Penting memenuhi kebutuhan cairan dalam sehari agar menjaga tubuh dari dehidrasi dan meningkatkan metabolisme.
  3. Makan sahur secukupnya. Ketika mengisi bahan bakar saat sahur dan berbuaka puasa tidak harus makan berlebihan. Sebaliknya, makanlah dalam porsi sedang untuk sahur. Makan berlebihan justru mengundang rasa mengantuk dan tidak berenergi. Pilih menu seimbang – karbohidrat, protein dan serat dalam asupan. Makanan yang mengandung serat membantu kenyang lebih lama.Tak lupa perbanyak makan sayur dan buah.
  4. Lakukan aktivitas yang membuat semangat dan berenergi. Manfaatkan waktu istirahat makan siang untuk lakukan aktivitas yang membuat segar dan rileks. Seperti olahraga ringan, berjalan-jalan, bermain game atau mengobrol dengan teman. Jika memungkinkan, manfaatkan waktu untuk tidur siang singkat sekitar 20-30 menit.
  5. Hindari konsumsi kafein. Ketika tingkat energi rendah, keinginan untuk minum kopi atau teh pasti akan meningkat. Pada hari biasa, kafein memang dapat membantu terutama ketika merasa mengantuk. Namun selama bulan puasa, tak di sarankan untuk mengonsumsi kafein saat sahur dan berbuka. Karena bersifat diuretik yang menyebabkan lebih sering buang air kecil. Selain itu, kafein menyerap kalsiumd ari tubuh dan membuat kita merasa lapar sepanjang waktu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga