Cara Menghitung Akar Pangkat 3 dengan Kalkulator, Ini Langkahnya!

Jabarekspres.com – Di bawah ini cara menghitung akar pangkat 3 dengan kalkulator yang bisa dicoba untuk mendapatkan hasil cepat.

Tata cara menghitung angka akar pangkat 3 dengan kalkulator ini setidaknya dapat menjadi pilihan selain melakukannya dengan manual.

Sebagaimana diketahui bersama, akar pangkat 3 atau akar pangkat 2 memang kerap ditemui dalam bidang studi matematika.

Pada umumnya angka berpangkat dua itu dipakai dalam menghitung luas. Sementara angka berpangkat tiga untuk mengitung volume.

Di era teknologi ini, baik peserta didik atau masyarakat umum tak perlu risau bila ingin menghitung angka berpangkat tersebut.

Pasalnya, seiring kemajuan teknologi, hitung menghitung akar pangkat bisa cepat dengan alat bantu seperti kalkulator atau aplikasi.

Lantas bagaimana cara menghitung akar pangkat 3 dengan kalkulator agar tidak pusing dan ribet. Catat ya ini langkah yang bisa dicoba.

Berikut langkah-langkah menghitung akar pangkat 3 menggunakan kalkulator.

1. Hidupkan kalkulator dengan menekan tombol ON.

2. Tekan tombol bilangan yang akan dicari.

3. Tekan tombol shift atau 2ndF.

4. Tekan tombol ” √ ”.

Contoh soal:

Tentukan hasil dari ³√216 = …

Penyelesaian:

Untuk menentukan nilai dari ³√216 , tekanlah angka 2,1 dan 6 di kalkulator. Lalu, tekan tombol shift dan tekan tombol ” √ ”. Setelah itu, akan keluar pada layar yakni angka 6.

Jadi, hasil dari ³√216 = 6.

Kalkulator Akar Pangkat 3

Kalkulator sayur tidak bisa untuk mencari akar pangkat tiga dengan cepat. Kalkulator sayur hanya bisa digunakan dengan cara coba-coba (trial and error).

Untuk mempercepat hasil perhitungan / percobaan bisa juga digabung dengan tabel Pangkat tiga dan tabel akar pangkat tiga di atas.

Untuk kalkulator dengan kemampuan scientific bisa dilakukan dengan cara berikut :

Tombol Akar pangkat tiga

Perhatikan bila kalkulator anda memiliki tombol akar pangkat tiga seperti Gambar: tombol akar pangkat 3 Bila tersedia maka lakukan langkah berikut :

1. Tekan tombol 5, 6, 7, 8

2. Selanjutnya tekan tombol akar pangkat tiga tersebut Gambar: tombol akar pangkat 3

3. Hasilnya akan langsung muncul pada layar kalkulator

Tombol pangkat x y

Perhatikan bila kalkulator anda memiliki tombol pangkat seperti Gambar: tombol pangkat Bila tersedia maka lakukan langkah berikut :

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan