Apakah Aman Anak yang Suka Tidur di Lantai? Begini Penjelasan Dokter

Jabarekspres.com – Ketika sedang merasa gerah atau kepanasan, seseorang selalu ingin tidur di lantai, tak terkecuali anak.

Namun apa bahayanya jika anak yang suka tidur di lantai? Bagaimana dengan kondisi kesehatanya jika memiliki kebiasaan tersebut?

Menurut dr. Talitha Najmillah Sabtiari, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan terkait hal itu. Akan tetapi dia mengingatkan soal faktor kebersihan, yang justru harus diperhatikan oleh orang tua yang anaknya suka tidur di lantai.

“Pada dasarnya, tidak terdapat larangan khusus untuk anak yang gemar tidur di lantai,” dr. Talitha Najmillah Sabtiari yang dikutip dari Alodokter.

“Akan tetapi, lantai rumah yang kotor rentan menjadi tempat bersarangnya kuman-kuman dan debu yang dapat berisiko memicu terjadinya penyakit tertentu, seperti alergi, infeksi saluran napas, infeksi saluran pencernaan, dan sebagainya,” katanya.

Oleh sebab itu, anak yang suka tidur di lantai, disarankan orang tuanya untuk menjaga kebersihan tidak hanya lantainya, namun juga mainan yang mereka miliki.

Menggunakan alas seperti kasur tipis atau karpet yang tentunya bersih, adalah tips lain yang bisa dipraktekan untuk menjaga kesehatan anak.

“Juga cuci tangan anak sebelum dan sesudah bermain di lantai. Monitor juga aktivitasnya di lantai dan apabila muncul gejala seperti anak bersin-bersin, batuk, demam, dan lainnya, periksakan anak ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut,” pungkasnya.  (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan