Mengenal Komponen Mesin Mobil Serta Fungsinya

  • Ring Piston

Pada mobil, ring piston memiliki berbagai macam fungsi, di antaranya merapatkan piston dengan dinding silinder. Tujuannya adalah, agar tidak ada kebocoran gas saat mesin bekerja.

Selain itu, komponen mesin ini juga berfungsi mencegah masuknya oli ke bagian ruang pembakaran.

Ring piston juga memiliki kemampuan mengikis oli yang terdapat pada dinding silinder jika terjadi kelebihan. Komponen mesin ini terbagi menjadi tiga, yakni ring kompresi satu, ring kompresi dua, dan ring oli.

  • Crankshaft (Poros Engkol)

Poros engkol merupakan salah satu komponen yang berfungsi mengubah piston yang bergerak lurus menjadi gerakan yang memutar melalui batang pistonnya. Gerakan memutar tersebut selanjutnya akan di salurkan ke bagian roda. Poros engkol juga menjaga piston agar dapat bergerak normal.

Komponen poros ini di bantu oleh connecting rod dan letaknya di bagian bawah blok silindernya. Pada jenis mesin yang sejajar, terdapat beberapa susunan pena engkol yang sama dengan silinder. Bentuk crank craft biasanya di tentukan oleh silinder dan di pengaruhi urutan pengapiannya.

  • Oil Pan (Karter)

Salah satu komponen yang letaknya berada di bawah blok silinder adalah karter. Karter tersebut memiliki fungsi sebagai alat yang menampung oli sebagai pelumas mesin. Jika dalam mesin tidak ada pelumas, maka komponen-komponen mesin akan cepat panas dan aus yang akhirnya rusak.

Di dalam karter terdapat sebuah ventilasi yang menyambungkannya dengan udara dari luar. Selain itu, dalam oil pan atau karter ini juga terdapat sebuah drain plug yang fungsinya mengganti oli kendaraan.

Komponen mesin mobil ini juga bisa mencegah adanya kebocoran pada mesin karena karter tersebut dibaut dan diberi tambahan gasket antara karter dan bak engkolnya. Karena itulah, komponen yang satu ini menjadi bagian yang sangat penting.

Tinggalkan Balasan