Ram Check di Sumedang Belum Diberlakukan, Begini Kata Dishub

SUMEDANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumedang belum menentukan kapan pemeriksaan keselamatan kendaraan umum atau Ram Check diberlakukan.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dishub Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno.

Diketahui, Ram Check bertujuan guna memastikan kondisi kendaraan seperti bus pariwisata sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Pada saat diberlakukan nanti, kendaraan akan diperiksa satu persatu mulai dari kelengkapan teknis sampai kelengkapan secara administrasi.

“Kalau Ram Check kita masih menunggu kesepakatan dari Provinsi (Jawa Barat),” imbuh Atang kepada Jabar Ekspres melalui panggilan telepon, Rabu (13/4).

Dia menjelaskan, sebelumnya Dishub Jabar sudah sempat menentukan tanggal diberlakulannya Ram Check pada 10 April 2022.

“Tapi sekarang sudah lewat dan masih belum dilaksanakan, jadi kita masih menunggu keputusan dari pihak Provinsi (Jabar),” kata Atang.

Sementara itu, sebelumnya Atang sempat menyampaikan, untuk pencatatan jumlah kendaraan dilakukan setiap hari.

“Kalau untuk sementara, sampai dengan hari ini, dari catatan setiap per 5 menit, peningkatan kendaraan seperti biasa,” ujarnya.

Atang menerangkan, pencatatan dengan metode traffic counting itu bertujuan agar dapat diketahui berapa jumlah kendaraan yang masuk setiap harinya.

“Jadi peningkatan kendaraan di Sumedang ini baru ada sedikit. Kalau dikayakan belum ada (peningkatan) kurang tepat, karena kadang hari ini naik besok tidak,” ucap Atang.

Kendati demikian, Dia memprediksi peningkatan volume kendaraan di wilayah Sumedang akan terjadi sekiranya sejak Minggu kedua Ramadan atau 7 hari menjelang Lebaran. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan