Kemasan Yang Ramah Lingkungan Adalah: Definisi dan Contoh

Jabarekspres.com – Kemasan yang ramah lingkungan merupakan suatu kemasan, bisa itu kemasan produk makanan atau produk pakaian, yang tidak mencemari atau mengotori lingkungan.

Dengan begitu, jika memiliki suatu produk tertentu, maka memilih wadah yang ramah lingkungan merupakan hal perlu kamu pertimbangkan dalam bisnis kamu. Pasalnya, isu lingkungan sekarang ini sangatlah mengkhawatirkan.

Indikator Politik Indonesia (IPI) pernah melakukan survei bahwa isu lingkungan merupakan masalah yang penting, khususnya masalah sampah, dilansir dari databoks.katadata.co.id, Kamis (28/10/2021).

Adapun salah satu masalah sampah itu salah satunya merupakan sampah plastik yang sulit terurai.

Negara Asia lain juga menyumbang sampah plastik terbesar, yakni 21%. Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Sri Lanka merupakan negara di Asia yang turut berkontribusi besar terhadap banyaknya sampah plastik di lautan.

Condor Ferries merilis laporan pada tahun 2021 yang menyatakan bahwa ada sekitar 12,7 juta ton sampah plastik di lautan setiap tahunnya. Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang limbah plastik terbanyak.

Hal tersebut tentunya sangat membahayakan ekosistem organisme-organisme yang berada di lingkungan. Salah satu bahaya dari sampah plastik adalah bahan kimia yang dikandungnya, sulit terurai hingga mengendap dalam waktu jangka lama, masalah mikro plastik yang akan mencemari rantai makanan.

PBB melaporkan bahwa erosi dari dampak plastik, pestisida, dan sampah-sampah elektronik setidaknya telah menyebabkan 9 juta kematian prematur, dilansir dari Reuters, Rabu (16/02/2022).

Dengan demikian, kemasan plastik dapat dikategorikan sebagai bungkus yang tidak ramah lingkungan. Dengan kata lain, kemasan plastik dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

Definisi Kemasan Ramah Lingkungan

Lalu apa yang dimaksud dengan bungkus yang ramah lingkungan?

Bungkus yang ramah lingkungan adalah bungkus yang tidak membahayakan, atau mencemari, atau mengotori lingkungan. Dengan begitu, plastik termasuk dalam kategori kemasan yang tidak ramah lingkungan.

Contoh Kemasan Ramah Lingkungan

Melansir Gobiz, berikut ini merupakan wadah yang ramah lingkungan atau sering juga disebut kemasan yang eco-friendly.

 

Box makanan: Ia merupakan wadah yang ramah lingkungan dan ekonomis, berbahan dasar duplex, kraft, ivory, atau greaseproof yang tahan minyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan