Antisipasi Lonjakan Pemudik, Satpol PP Jabar Akan Koordinasi dengan 3 Instansi

BANDUNG – Dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan masyarakat saat mudik Lebaran tahun 2022 nanti, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengungkapkan akan melakukan koordinasi dengan beberapa Instansi lain seperti TNI, Polri, dan Dinas Perhubungan (Dishub).

“Untuk di wilayah maupun jalur di Kabupaten atau Kota kaitan dengan arus mudik, nanti Satpol PP tentunya dengan TNI, Polri, Dishub, dan juga Dinkes, akan menjalankan yang selama ini sudah diterapkan (melakukan pengawasan kepada masyarakat),” ucap Kepala Satpol PP Jabar, Mochamad Ade Afriandi pada Rabu (13/4)

Selain melakukan koordinasi dengan beberapa instansi tersebut, Ade juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan memerintahkan langsung kepada Satpol PP yang ada di seluruh Kota dan Kabupaten di Jabar untuk turut serta melakukan pengawasan berdasarkan tugas dan kewenangannya.

“Dan kami juga akan berkoordinasi dan komunikasi dengan Satpol PP yang ada di Kabupaten atau Kota (di Jabar). Nanti kita berbagi tugas berdasarkan kewenangan,” ujarnya.

Sehingga lanjut dia, dalam melakukan pengawasan nanti, pihaknya akan melakukan pelayanan berupa posko vaksin bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik

“Kita juga akan memberikan pelayanan untuk mereka yang baru satu atau dua kali vaksin, nanti di check point yang disediakan itu bisa mendapatkannya,” jelasnya lagi.

Maka dengan adanya hal tersebut, Ade menuturkan bahwa pihaknya akan memulai koordinasi dengan beberapa instansi seperti TNI, Polri dan Dishub pada pekan depan.

“Kami akan koordinasikan di pekan depan terkait dengan tugas masing-masing, tetapi menjadi sinergi. Contoh check point di rest area, tentunya di sana kita akan koordinasikan, kami (Satpol PP) akan masuk di rest area mana, sedangkan Dishub dan Kepolisan sudah jelas titik-titiknya,” tuturnya. (Mg4/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan