Mengapa Induk Kucing Memakan Anaknya? Mari Ketahui Alasannya

Jabarekspres.com – Ketika baru melahirkan, induk kucing senantiasa akan bertindak sangat protektif kepada anaknya. Bahkan akan sangat galak kepada siapapun. Namun tahukah ada beberapa kasus induk kucing memakan anaknya sendiri?

Ternyata hal seperti itu terjadi di karenakan hal-hal ini.

Anaknya lahir cacat

Jika si anak kucing terlihat cacat sebelum menginjak usia sebulan setelah kelahirannya, induk kucing akan memakan anaknya tersebut. Sang induk berpikir bahwa cara tersebut dapat menjauhkan si anak dari penderitaan sekaligus untuk atasi stress karena si anak tak lahir sempurna.

Anaknya mati

Induk kucing yang peka dan perasa akan melihat apakah anaknya lahir secara sehat atau tak bisa selamat atau mati. Jika anaknya mati, ia akan langsung memakan anaknya agar tak menyebarkan virus kepada anaknya yang lain.

Faktor merasa lapar

Induk kucing membutuhkan asupan nutrisi yang lebih terutama ketika mengandung dan melahirkan. Jika tidak ada cadangan makanan apapun di sekitarnya, induk kucing akan memakan anaknya. Maka dari itu, penting untuk memisahkan induk dan anaknya agar hal tersebut tidak terjadi.

Alami Feline Mastitis

Feline mastitis merupakan infeksi pada kelenjar susu yang berpotensi mengancam nyawa anak kucing. Ketika kucing alami penyakit ini, akan sangat menyakitkan bagi keduanya. Sehingga memicu peristiwa induk kucing memakan anaknya.

Stres

Kucing mempunyai musim untuk melahirkan anak kucing dan itu terasa sangat penting bagi mereka. Anak kucing yang dilahirkan pada musim yang salah kemungkinan hidupnya sangat kecil. Sebab, induk kucing yang melahirkan pada musim yang salah akan merasa stres dan tertekan. Akibatnya, beberapa induk kucing akan tega membunuh anaknya dengan cara memakannya.

Hal ini di lakukan agar kucing dapat melahirkan kembali pada musim yang tepat.

Ingin meningkatkan peluang hidup

Kucing dewasa biasanya hidup berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Meski begitu kucing liar juga memiliki fase hamil dan melahirkan.

Tetapi ketika kucing melahirkan ia memilih untuk memakan anaknya. Menurutnya itu menjadi salah satu caranya bertahan hidup. Pasalnya ketika di alam liar predator akan lebih mudah menangkap kucing yang membawa banyak anak di banding tanpa anak.

Tinggalkan Balasan