5 Hikmah Puasa Ramadhan, Bagi Dunia dan Akhirat

Jabaerekspres.com- Saat ini seluruh umat Islam tengah melaksanakan puasa Ramadhan. Di Ramadhan ini banyak manfaat dan hikmah yang bisa kita dapat di bulan suci ini. Dibawah ini adalah 5 hikmah puasa Ramadhan.

Ibadah puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim dengan syarat tertentu. Misal sudah baligh, berakal sehat, sehat jasmani, dan sebagainya.

Bagi setiap orang muslim yang memenuhi syarat untuk bisa melaksanakan puasa tapi tidak berpuasa, maka ia akan mendapatkan dosa.

Lalu apabila seseorang muslim yang berhalangan untuk berpuasa karena alasan tertentu yang diperbolehkan agama seperti sakit atau dalam perjalanan maka ia harus mengganti puasanya dan membayar denda atau fidyah.

Di bulan suci ini banyak keutamaan yang bisa didapatkan seperti dilipatgandakannya pahala.

Selain keutamaan bulan puasa ada juga hikmah yang bisa kita dapat. Berikut adalah 5 hikmah puasa Ramadhan yang dikutip dari laman merdeka.com.

 

  1. Meningkatkan Ketaqwaan Pada Allah SWT

Hikmah puasa yang pertama dapat meningkatkan ketaqwaan seorang hamba kepada Allah SWT. Menjalankan ibadah puasa adalah hal yang wajib, seperti yang tertera dalam ayat Al-Quran berikut ini;

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (QS. Al Baqarah: 183).

 

Ayat ini menunjukkan salah satu hikmah puasa di bulan Ramadhan agar umat Islam dapat menggapai derajat takwa yang mulia.

Bentuk takwa dalam ibadah puasa dapat dilihat dari hal-hal berikut;

Orang yang berpuasa akan meninggalkan setiap larangan seperti makan, minum, berjima dengan istri dan sebagainya.

Berpuasa berarti mengontrol hawa nafsu seperti ini, sesuai dengan perintah Allah SWT. Hal ini dilakukan demi mendekatkan diri pada Allah SWT dan mendapatkan pahala dari-Nya.

Orang yang berpuasa sebenarnya mampu untuk melakukan segala kesenangan duniawi yang dilarang selama sedang puasa.

Namun, karena menyadari bahwa Allah Maha Mengetahui, maka ia menekan segala keinginan itu secara sadar dan sukarela.

Orang yang berpuasa juga akan senang melakukan berbagai amalan yang menunjukkan ketaatan. Dan ketaatan adalah jalan menggapai takwa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan