Mau Bisnis Online, Kenali Dulu Istilah istilah dalam Jual Beli Online

Sedangkan Seller sendiri merupakan kebalikan dari Buyer, yang artinya penjual. Seller adalah pemilik online shop atau orang yang menjual barang kepada Buyer.

3. COD (Cash On Delivery)

Istilah COD juga seirng sekali digunakan oleh orang-orang yang melakukan transaksi secara online. COD atau Cash On Delivery adalah cara pembelian dimana penjual dan pembeli akan janjian bertemu di suatu tempat untuk cek barang, ataupun pembayaran. Jadi dengan ini pembeli dapat mengecek kondisi barang secara detail, sehingga resiko penipuan akan menjadi sedikit.

4. Resi

Jika Anda melakukan transaksi jual beli secara online, maka Anda tidak akan asing mendengar kata resi. Resi merupakan bukti pembayaran secara tertulis ketika seseorang akan mengirimkan barang. Nah, jika Anda telah membeli suatu barang, maka jangan lupa untuk menagih resi kepada si penjual atau seller

Booked / Booking
Booked adalah suatu kondisi dimana suatu barang sudah dipesan oleh seseorang, sehingga si penjual akan mengatakan bahwa barang sudah di book orang lain. Sedangkan booking sendiri adalah dimana Anda akan memesan barang si penjual. Biasanya untuk melakukan booking sendiri membutuhkan DP atau uang jaminan.

5. Sold

Sold atau artinya barang sudah terjual. Pernyataan ini digunakan untuk menyatakan bahwa kondisi barang sudah terjual laku.

6. Return

Return berarti mengembalikan, biasanya return dilakukan ketika seseorang mendapatkan barang yang cacat ketika membeli sebuah barang. Maka pembeli dapat melakukan return atau pengembalian kepada si penjual atau menukarnya.

7. Refund

Berbeda dengan return, refund berarti membatalkan transaksi yang sudah disepakati. Refund mungkin bias dilakukan apabila ada kesalahan teknis seperti uang sudah terlanjur di transfer, ternyata stok barang kosong, sehingga pihak pembeli dapat meminta refund atau pengembalian uang.

8. Ready Stock

Ready stock berarti bahwa stock barang yang ada tersedia untuk dipesan oleh calon pembeli.

9. Out Of Stock

Jika Out Of Stock merupakan kebalikan dari Ready Stock, yakni stok yang ada ditangan penjual sedang kosong, maka pembeli harus menunggu hingga stock yang ingin dipesan kembali ready.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan