Dishub Jabar Akan Sediakan Posko untuk Pemudik, Ada Suntik Vaksin Booster Gratis

BANDUNG – Sebanyak 9,5 juta pemudik dari seluruh daerah di Indonesia diperkirakan akan melintasi Jawa Barat pada saat musim mudik lebaran nanti.

Sehingga dengan adanya hal tersebut, Dinas perhubungan (Dishub) Provisi Jawa barat berencana akan menyediakan posko khusus vaksinasi dosis 3 atau Booster di beberapa titik yang sering menjadi rute perjalanan mudik.

Pasalnya, untuk musim mudik pada tahun ini, masyarakat diwajibkan harus sudah mendapatkan vaksin dosis 3 sebagai syarat utama perjalanan mudik.

Untuk memperlancar perjalanan mudik masyarakat, Kepala Dishub Jabar, A. Koswara mengungkapkan bahwa pihaknya akan menyiapkan sebanyak 132 Posko Mudik yang terdiri 9 dari Dishub Jabar dan 123 dari Kabupaten dan Kota.

“Posko dari BPTD ada 11, kemudian rest area ada empat. Untuk personel, kami siapkan untuk mudik nanti ada 4.300,” jelas Koswara saat dikonfirmasi, pada Jumat (8/4).

Adanya Posko tersebut, Koswara menjelaskan bahwa nantinya berfungsi sebagai pendata jumlah kendaraan yang melintas.

“Pertama, fungsinya adalah mendata seberapa besar kendaraan yang lewat. Data ini penting buat prediksi kapasitas lain, apabila datanya banyak maka (arus) baliknya juga banyak. Hambatan mana yang bisa ditampung dan mana yang enggak,” ungkapnya.

Selain sebagai pendata kendaraan, nantinya di Posko tersebut juga akan tersedia petugas medis yang akan memberikan booster bagi masyarakat sedang melakukan perjalanan mudik.

“Posko ini dipakai titik untuk booster (vaksin dosis 3), nanti kita akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (dinkes),” imbuhnya.

Untuk diketahui, perjalanan mudik pada tahun ini diperkirakan akan mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya di masa Pandemi Covid-19.

Bahkan, hal tersebut juga diprediksi berdasarkan hasil survei online pergerakan orang selama masa Lebaran 2022 yang dirilis oleh Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

BKP Kemenhub menyebutkan bahwa wilayah Jawa barat diprediksi akan didatangi sebanyak 5,9 juta orang pemudik. (Mg4/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan