Tips Jalani Puasa untuk Ibu Hamil Agar Aman

Jabarekspres.com – Memperhatikan keseimbangan asupan nutrisi untuk ibu hamil saat menjalani ibadah puasa sangat penting.

Ibu hamil yang akan menjalani ibadah puasa tentu harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Dalam diskusi bersama klinik Bamed, Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr. Muhammad Fadli, SpOG, mengatakan sebuah penelitian menunjukkan berpuasa pada saat hamil di trimester kedua justru dapat menurunkan risiko terkena penyakit gula pada saat kehamilan (Diabetes gestasional). Puasa juga dapat mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan.

“Namun sebelum berpuasa, sebaiknya berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan terlebih dahulu untuk memastikan keadaan ibu dan janin dalam keadaan yang prima,” katanya.

Dia memastikan bahwa puasa aman untuk ibu hamil. Beberapa penelitian lainnya menunjukkan bahwa puasa juga tidak mengakibatkan bayi terlahir prematur ataupun terlahir dengan berat badan lebih rendah dibandingkan yang tidak berpuasa.

Berikut ini tips persiapan yang harus dilakukan ibu hamil sebelum puasa.

1. Cek Berat Badan Janin

Memastikan berat badan janin sesuai dengan usia kehamilan. Air ketuban mencukupi dan mengetahui tanda-tanda yang wajib diperhatikan, seperti berat badan ibu maupun janin turun, tanda-tanda dehidrasi seperti haus yang berlebihan, pusing, air seni kuning pekat ataupun merasakan gerakan bayi yang berkurang.

2. Usia Kehamilan

Jika usia kehamilan masih terlalu muda, penting untuk diperhatikan bahwa puasa saat hamil muda mungkin bisa sedikit berisiko bagi ibu hamil.

Saat hamil muda, tubuh membutuhkan banyak nutrisi untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam kandungan. Hamil muda merupakan tahap di mana kehamilan sedang membutuhkan banyak sekali nutrisi penting.

Apabila terdapat keluhan mual dan muntah pada trimester pertama dapat mengakibatkan resiko dehidrasi pada ibu dan berdampak pada janin.

3. Cukup Cairan

Dia juga mengatakan langkah yang ditempuh agar ibu hamil tetap bugar dan janin tetap sehat ibu hamil yaitu minum air putih 2,5 liter sehari, mengurangi konsumsi kafein.

4. Gizi Seimbang

Bumil juga disarankan memperbanyak makan karbohidrat kompleks dan mengurangi aktivitas di luar ruangan.

“Selama ibu dan kandungannya dinyatakan sehat oleh dokter, ibu hamil diperbolehkan untuk melakukan puasa. Asalkan saat sahur dan berbuka ibu hamil harus memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu dan kandungannya,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan