Pemerintah Tetapkan Awal Ramadan Minggu 3 April 2022

Jabarekspres.com – Setelah melakukan sidang isbat, Pemerintah telah menentukan awal Ramadan jatuh hari Minggu (3/4).

Penetapan tersebut merupakan hasil dari sidang isbat yang diadakan pada Jumat (1/4) di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan dari 101 lokasi pemantauan hilal, mayoritas mengatakan tidak melihat hilal.

Yaqut mengakui ada beberapa lokasi yang melihat hilal. Namun, posisi hilal saat itu masih di bawah 3 derajat.

“Sidang Isbat memutuskan awal Ramadan jatuh pada Ahad 1 April 2022,” kata Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi persnya di Kantor Kemenag, Jakarta, Jumat (1/4).

Sementara itu, Ketua Umum Nahdlatul Ulama Yahya Cholil Staquf juga telah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Minggu (3/4).

Dengan penetapan tersebut berarti awal Ramadan kali ini untuk warga Muhammadiyah dengan Nahdlatul Ulama akan berbeda.

“Dengan ini, kami pengurus besar Nahdlatul Ulama menetapkan jika awal ramadan akan jatuh pada Ahad, atau Minggu, 3 April 2022,” kata dia.

Yahya Cholil menyebut, penetapan Ramadan pada tanggal 3 April berdasarkan pada sejumlah pengamatan hilal yang dilakukan di 34 provinsi.

Kesepakatan ini menurut Yahya, diambil setelah peserta sidang mendengarkan pelaporan hasil rukyat (pemantauan) hilal dan memperhatikan perhitungan hisab (astronomis).

Meski warga Nahdlatul Ulama menjalankan ibadah puasa hari minggu, warga Muhammadiyah akan mulai berpuasa pada besok, Sabtu (2/4) dan malam ini menjalakan salat tarawih. (bbs/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan