Inilah yang Dibicarakan Kongres FIFA ke-72, Ada yang Mengharukan!

3. Rusia Hadir dalam Kongres

FIFA memang telah mengeluarkan timnas Rusia dari kualifikasi Piala Dunia imbas operasi militer khusus Rusia ke Ukraina. Namun, FIFA tetap mengundang federasi sepak bola Rusia dalam kongres tahunan tersebut.

Presiden Infantino menyebut bahwa undangan terhadap federasi sepak bola Rusia itu guna mencapai perundingan yang adil bagi semua pihak.

“Rusia memiliki serikat sepak bola. Seperti federasi lainnya, [itu] belum ditangguhkan. Kalau tidak ada kesempatan untuk mengumpulkan semua pihak dalam kongres, lebih baik kita berhenti dan pulang,” ungkapnya.

Adapun pihak Rusia sendiri yang diwakili oleh penasihat sepak bola Rusia menyebut langkah FIFA ini sudah tepat.

“Apa hubungannya sepak bola Rusia dengan semua ini? Apa kesalahan sepak bola Rusia? Saya tidak menemukan pelanggaran peraturan yang dilakukan oleh sepak bola Rusia,” jelasnya.

4. Pesan Video Ukraina

Kongres tersebut juga menayangkan video berdurasi selama tiga menit berisi perkataan Kepala Federasi Sepak Bola Ukraina, Andriy Pavelko.

Tampak ia mengenakan rompi berlapis baja dengan latar belakang kota Kyiv dan juga pemandangan orang-orang memanggul karung pasir untuk melindungi suatu monumen.

“Sayang sekali, saya tidak bisa hadir (dalam kongres) hari ini. Sejak 24 Februari, kami tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan olahraga (sepak bola) kesayangan kami. Selama lebih dari sebulan, kami telah membela negara kami dan melawan agresi militer Federasi Rusia,” ungkap Andriy Pavelko dalam video tersebut.

“Hingga sekarang, kami masih menerima berita sedih tentang kematian perwakilan komunitas sepak bola Ukraina. Mereka tewas karena peluru (dari militer Rusia). Sepak bola Ukraina harus terhenti karena setiap hari orang dewasa dan anak-anak meninggal di negara kami ini.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan