Ninja Xpress Dukung UMKM Tingkatkan Penjualan Saat Ramadan

BANDUNG – Dengan jenis usaha yang semakin beragam dan perkembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang semakin maju, maka satu solusi yang sama tidak lagi dapat diterapkan untuk semua UKM.

Kondisi ini melatarbelakangi Ninja Xpress untuk selalu melampaui sekedar bisnis logistik dalam mendampingi UKM untuk meningkatkan penjualan dengan memberikan customized solutions yang disesuaikan dengan lini bisnis mereka.

Dengan Ramadan yang semakin dekat, Ninja Xpress menyelenggarakan virtual sharing session Ramadan 101: Raih Berkah dan Cuan Saat Ramadan di mana Ninja Xpress membagikan beberapa pandangan dan tren, serta mengundang UKM untuk berbagi tips bisnis dalam membantu UKM meraih khalayak yang tepat untuk meningkatkan penjualan mereka.

Berdasarkan catatan Ninja Xpress, Peningkatan pengiriman Ramadan sebesar lebih dari 50% terjadi pada 2021 dengan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur menjadi top 3 daerah  yang didominasi paket berukuran kecil. Maka dari itu, Ninja Xpress optimis akan terjadi peningkatan jumlah pengiriman pada Ramadan tahun ini juga.

Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress menjelaskan, dengan melihat tren kenaikan jumlah pengiriman paket tersebut, UKM Indonesia terbukti memiliki endurance sehingga berhasil bertahan melalui masa pandemi.

“Solusi yang mereka butuhkan tentu kini lebih spesifik sehingga inilah yang menjadi latar belakang Ninja Xpress memberikan customized solutions untuk masing-masing lini bisnis, baik itu Makanan/Minum, fashion, kecantikan, hingga peralatan rumah tangga,” katanya.

Jika melihat dari perilaku konsumen dalam berbelanja online selama Ramadan berdasarkan riset #RamadhandiTwitter akan terjadi peningkatan pembelian selama Ramadhan dimana 9 dari 10 orang berniat melakukan belanja barang di bulan Ramadhan.

Oleh karena itu, Setiap lini bisnis ini tentu memiliki tantangan yang berbeda dalam memasarkan produknya di saat Ramadan sehingga membutuhkan strategi pemasaran yang berbeda pula. Inisiatif customized solutions Ninja Xpress memetakan kembali potensi pasar, keunggulan produk, tantangan yang dihadapi dan tingkat kematangan proses bisnis setiap lini untuk mengidentifikasi solusi yang sebenarnya paling mereka butuhkan.

Dari hasil pemetaan ini, Ninja Xpress kemudian menyusun perencanaan strategi pemasaran yang lebih terarah dan komprehensif serta terus mendampingi UMKM selama pelaksanaannya agar mereka berhasil meningkatkan penjualan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan