Manfaat Sterilisasi Kucing, Salah Satunya Cegah Tumor!

Jabarekspres.com- Mengebiri kucing atau menstrelisasi kucing mungkin ini adalah istilah yang sudah tak asing lagi bagi pemilik kucing. Sterilisasi kucing adalah salah satu pilihan untuk mencegah kucing anda memiliki banyak anak. Namun ada manfaat lainnya. Berikut manfaat sterilisasi kucing.

Selain untuk mencegah banyak anak, strerilisasi kucing juga mencegah perkelahian antar kucing karena perebutan pasangan.

Kucing-kucing yang belum disteril mungkin akan saling bertengkar untuk memandai wilayah kekusaannya.

Selain dari itu ternyata sterilisasi kucing memiliki manfaat bagi kesehatan kucing. Berikut adalah manfaat sterilisasi kucing.

Baca juga: Benarkah Gigitan Kucing Bisa Menyebabkan Infeksi ?

Bagi Kucing Jantan

1.Menurunkan risiko kanker testis pada kucing.

Kucing jantan yang sudah melakukan steril disebut lebih jarang mengalami kanker testis. Untuk mendapatkan manfaat sehat ini, pemilik melakukan proses pensterilan sebelum kucing berusia 6 bulan.

2.Menghindari Cedera

Seperti tadi disebutkan diatas, kucing yang belum di sterilakan cenderung untuk bertengkar untuk pasangannya maupun untuk menandai wilayah teroterinya.

Maka dari itu kucing yang disteril akan menghindari cedera akibat perkelahian.

3.Menurunkan Risiko Penyakit

Sterilisasi juga dapat menurunkan risiko penyakit pada kucing peliharaan, mensterilisasi kucing dapat menurunkan risiko penyakit seperti leukemia kucing atau FIV.

Baca juga: Tren Kafe Kucing Kembali Meluas Termasuk di Wilayah Gaza

Bagi Kucing Betina

1.Menurunkan Risiko Tumor

Sterilisasi dapat membantu menurunkan risiko kucing betina mengembangkan tumor kelenjar susu. Kucing betina disebut sering mati karena tumor kelenjar susu ataupun kanker.

Sterilisasi pada kucing betina juga dapat menurunkan risiko kucing mengembangkan tumor ganas di ovarium dan rahim.

2.Mencegah Infeksi

Sterilisasi pada kucing betina bisa menurunkan risiko pyometra. pyometra terjadi karena ada infeksi serius yang berkembang di rahim kucing.

3.Komplikasi Persalinan Menghilang

 

Kucing betina tidak mungkin mengalami komplikasi serius saat melahirkan yang bisa membahayakan nyawanya, karena kucing betina yang disteril tidak akan bisa mempunyai anak lagi.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan