Pohon Tumbang Tutup Ruas Jalan di Sumedang, Kapolsek Rancakalong Jelaskan Jalur Alternatif

SUMEDANG – Pohon tumbang di Dusun Rancakalong, Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang terjadi pada Senin (28/3).

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, pohon tumbang itu berukuran besar dan cukup tinggi, sehingga menutup akses kendaraan.

Diketahui, pohon tumbang terjadi di Jalan Raya Rancakalong-Lebak Jati, tepatnya di area Terminal 08 Rancakalong, Sumedang sekiranya pukul 12.30 WIB.

Akibatnya, ruas jalan penghubunng Bandung-Sumedang serta menuju wilayah Subang terhambat karena ruas jalan yang tertutup pohon.

Kapolsek Rancakalong, AKB Agus Permana mengatakan, pengendara yang hendak melintasi Jalan Rancakalong-Lebak Jati, masih belum bisa dilintasi.

“Lalu lintas dialihkan sementara karena masih tertutup pohon,” kata Permana kepada Jabar Ekspres di lokasi.

Sementara itu, karena pohon tumbang menutup ruas jalan dan mengakibatkan terputusnya akses kendaraan, Permana menerangkan, pengguna jalan bisa mengambil jalur alternatif.

“Untuk lalu lintas dialihkan ke Jalan Sabagi yang dari arah Bandung menuju Sumedang,” imbuh Permana.

“Kemudian untuk akses dari Sumedang menuju Bandung bisa melalui Jalan Lebak Tulang,” tambahnya.

Permana menjelaskan, adapun faktor terjadinya pohon tumbang di area Terminal 08 Rancakalong, diduga disebabkan usia pohon yang sudah terlalu tua.

“Dugaan faktor (pohon) tumbang karena alam. Ini pohonnya sudah lapuk, sudah tua dan usianya sudah ratusan tahun,” ucapnya.

Permana menyampaikan, dalam proses evakuasi pohon tumbang, masih belum bisa diprediksi berapa lama pembersihannya.

“Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada kendala dalam proses evakuasi pohon. Dari BPBD (Badan Penanggulanhan Bencana Daerah) Sumedang sudah ada,” ucapnya.

“Kemudian dari TNI, POLRI, PLN, Ormas dan warga juga berupaya melakukan evakuasi. Kita lakukan gotongroyong,” tutup Permana. (mg5/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan