Begini Program BUMDes Berbasis Perbankan di Jabar

GARUT – Launching Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berbasis Perbankan untuk pertama kali diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, bersama Pemerintah Kabupaten Garut, Senin (28/3/22) di Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja.

“Dengan Mengucap Bissmillahirahmannirahim,” kata Uu sambil memukul gong sebanyak 5 kali sebagai bentuk diresmikannya BUMDes berbasis perbankan itu.

Banyak BUMDes di seluruh Kecamatan di Kabupaten Garut yang hadir dan menampilkan hasil usahanya, seperti biji kopi, yogurt, hingga jaket kulit.

Tak hanya itu saja, nantinya di setiap BUMDes yang diundang dalam acara ini, dapat bekerja sama dengan pihak bank untuk membantu mengangkat perekonomian masyarakatnya, salah satunya dengan program kredit dari bank tersebut.

Dalam acara ini, pihak Bank bjb memberikan Penyaluran Kredit Mesra kepada warung binaan milik BUMDes Barokah Jaya, Desa Wanajaya.

Dan pemberian Data Peta Dasar dan Peta Kerja Digital dari Pemprov Jabar kepada Pemkab Garut, dan bantuan keuangan desa sebesar Rp 54.730.000 yang langsung diberikan dari Wagub Jabar kepada Sekda Kabupaten Garut, secara simbolis.

Diharapkan dengan diresmikannya BUMDes berbasis perbankan ini, bisa mengangkat perekonomian masyarakat Kabupaten Garut, dan mempermudah akses layanan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Dicky Saromi mengatakan, tujuan diadakannya Launching Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berbasik perbankan untuk mengangkat potensi di daerah. Diharapkan potensi di daerah yang unik bisa digebyarkan atau ditonjolkan lebih luas lagi.

Dicky mengatakan, selain agar lebih gebyar, launching BUMDes ini pun diharapkan menjadi alat ukur keberhasilan pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membangun Jabar Juara.

Launching BUMDes ini kata Dicky akan terus dirangkaikan dengan kegiatan desa – desa yang lainnya di Jabar ini.

“Karena masing-masing desa di seluruh Jawa Barat itu mempunyai keunikan dan mempunyai potensi, khususnya bagi mereka yang juga menjalankan ekonominya melalui Badan Usaha Milik Desa,” kata Dicky saat menyampaikan sambutannya, Senin (28/3/2022). (and)

 

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan