Jangan Takut Jika Tenggorokan Gatal, Begini Cara Mengatasinya

Jabarekspres.com Tenggorokan yang gatal umumnya terjadi ketika kondisi tenggorokan kering akibat kurangnya minum air putih atau karena sedang mengalami sakit tenggorokan.

Bagi sebagian besar orang yang mengalami tenggorokan gatal ini juga bisa sampai sedikit mengganggu aktifitas karena terkadang bisa memicu rasa ingin batuk secara terus menerus.

Tenggorokan gatal dulunya hanya dianggap biasa. Namun kalau di masa pandemi Covid-19 sekarang kamu tiba-tiba berdehem, bisa-bisa dianggap terkena virus Covid-19.

Sebetulnya apa sih apa yang membuat tenggorokan menjadi gatal? Tidak semua rasa gatal ditenggorokan merupakan gejala awal Covid-19 yang selama ini di hindari oleh semua orang.

Banyak hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Beberapa di antaranya adalah alergi dan infeksi. Alergi ini bisa bermacam macam bisa karena debu, asap rokok atau polusi udara.

Jadi kalau tiba-tiba kamu merasa tenggorokanmu gatal, jangan keburu parno dan mikir macam-macam.

Dilansir dari dokpri, Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah perbanyak minum air, berkumur dengan air garam, minum air teh hangat dan konsumsi permen pelega tenggorokan.

Jika semua hal untuk mengatasi masalah tersebut sudah dilakukan tapi masih merasa gatal berkepanjangan ditenggorokan, maka segera periksakan diri ke dokter.

Karena kondisi ini menandakan sesuatu yang lebih serius, seperti radang tenggorokan, infeksi virus atau sebagainya. Dan ingat, tetaplah menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini. (jawapos/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan