Waspada! Begini Tanda Awal Seseorang Kena Demensia

Jabarekspres.com – Demensia atau yang lebih dikenal dengan kata pikun dapat muncul dalam jangka waktu yang lambat. Hal tersebut berarti orang sering melewatkan banyak tanda awal dari kondisi tersebut.

Gejala demensia yang pertama adalah penurunan kognitif. Mungkin gejala tersebut tidak disadari bagi orang luar, tetapi gejala tersebut juga dapat berdampak signifikan pada orang yang menderitanya.

Dilansir dari laman Bestlife, penelitian telah menunjukkan bahwa ada satu tanda awal demensia yang mudah terlewatkan dan penting untuk diwaspadai seseorang.

Beberapa tanda awal demensia yang umum, menurut penelitian, termasuk kebiasaan belanja yang aneh, salah urus uang, lupa pembelian besar, dan pembayaran yang hilang.

“Bukan hal yang aneh bagi kami untuk mendengar bahwa salah satu tanda pertama yang disadari keluarga adalah seputar urusan keuangan seseorang,” ucap wakil presiden perawatan dan dukungan di Asosiasi Alzheimer Beth Kallmyer kepada The New York Times.

Dia menjelaskan bahwa demensia dapat menguras keterampilan fungsi eksekutif orang yang membantu mereka dalam mengelola uang.

Misalnya seperti perencanaan, pemecahan masalah, memori, dan pemahaman konteks.

Beberapa penelitian telah menghubungkan pengambilan keputusan keuangan dan timbulnya pikun.

Satu studi yang diterbitkan pada tahun 2019 di Health Economic menemukan bahwa orang yang mengalami Alzheimer tahap awal 27 persen lebih mungkin mengalami penurunan aset yang signifikan dibandingkan orang yang sehat secara kognitif, termasuk tabungan, giro, saham, dan obligasi. (fin/ran)

Tinggalkan Balasan