Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Luhut Ingin Percepat Vaksinasi Lengkap

Jabarekspres.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan mengungkap bahwa pemerintah akan percepat vaksinasi lengkap dan booster di Jawa-Bali, terlebih untuk lansia. Hal tersebut di lakukan sebab sudah tinggal menghitung hari menuju bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri.

“Semua lakukan vaksinasi legkap dan booster, terutama lansia dan komorbid sehingga nanti bisa melaksanakan ibadah puasa dengan lebih bebas,” kata Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (14/3).

Di khawatirkan, akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 di bulan April-Mei mendatang. “Langkah akselerasi vaksinasi dosis lengkap dan booster di perlukan demi mendukung jalannya kegiatan selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri,” ujar Luhut dalam konferensi pers evaluasi PPKM secara daring pada Senin lalu di lansir Kompas.

Luhut mengatakan anjuran vaksinasi dosis primer maupun dosis lanjutan terus di gaungkan pemerintah kepada masyarakat. Luhut menggarisbawahi agar masyarakat tidak bersikap memilih-milih vaksin. Sebab vaksin yang di sediakan telah teruji keamanan dan efikasinya.

“Ini semua kerja sama kita. Sekali lagi saya imbau, semua kita dari sekarang masih ada dua minggu sebelum bulan Ramadhan untuk kita mempercepat vaksinasi ini dan itu untuk keamanan kita semua juga,” Ujarnya.

Dia menilai penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia senantiasa menunjukkan perbaikan signifikan. Bahkan pada sepekan terakhir, di dapati tren penurunan kasus konfirmasi dan tingkat rawat inap dalam skala nasional.

Kondisi penanganan pandemi terus di pantau oleh Pemerintah. Terutama dampak berarti dengan turunnya tren kasus terkonfirmasi positif dan tingkat rawat inap. Luhut menerangkan, jumlah kasus tercatat ada di bawah 10.000 dengan jumlah kesembuhan lebih dari 39.000.

Pemerintah mencatat, vaksinasi covid-19 secara nasional hingga Senin telah mencapai 347,41 juta dosis. Vaksinasi dosis 1 telah di berikan sebanyak 193,47 juta dosis, 151,49 juta untuk dosis 2 dan sebanyak 2,45 juta dosis lainnya untuk vaksinasi gotong royong.

Dengan percepat vaksinasi lengkap, di harapkan dapat menghambat laju kasus Covid-19 di bulan Ramadhan dan Idul Fitri nanti.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan