Presiden Baru Korsel Yoon Suk Yeol, Seorang Mantan Jaksa Agung

Jabarekspres.com – Pemilihan presiden baru korsel telah di menangkan oleh Yoon Suk Yeol, seorang mantan Jaksa Agung, Rabu, 9 Maret lalu. Ia mengalahkan saingan utamanya yakni Lee Jae Myung dengan perolehan suara hanya berbeda 0,73 persen saja.

Kemenangan Yoon di capai kurang dari setahun sejak dia mengumumkan niat untuk terjun ke dunia politik.

Dengan kemenangan tersebut, Yoon Suk-yeol akan memulai masa jabatannya pada bulan Mei 2022 untuk menggantikan Presiden Moon Jae-in. Terhitung hingga lima tahun kedepan.

“Ini adalah kemenangan orang-orang hebat,” kata Yoon pada Kamis, 10 Maret 2022. Ia pun menambahkan, “Sekarang kompetisi sudah berakhir. Kita semua harus bekerja sama untuk menjadi satu demi bangsa dan negara.”

Yoon Suk Yeol adalah presiden baru Korsel yang sama sekali tidak memiliki pengalaman politik dan ia adalah presiden yang pertama tanpa pengalaman tersebut.

Yoon mengatakan bahwa dia akan menghormati konstitusi dan parlemen dan bekerja dengan partai-partai oposisi ketika resmi menjabat sebagai pemimpin Negeri Ginseng tersebut.

Pada upacara terpisah dengan para pendukung, Yoon mengatakan dia akan menempatkan prioritas utama pada persatuan nasional.

Dia menambahkan semua orang harus diperlakukan sama terlepas dari perbedaan regional, politik, dan sosial ekonomi. Yoon berjanji akan memperhatikan mata pencaharian masyarakat, memberikan layanan kesejahteraan yang hangat kepada yang membutuhkan.

“Saya akan melakukan upaya terbaik agar negara kita berfungsi sebagai anggota komunitas internasional dan dunia bebas yang bangga dan bertanggung jawab,” Ujarnya.

Janji utama Yoon termasuk mendirikan badan bantuan darurat COVID-19 langsung di bawah presiden, menyediakan lebih banyak rumah untuk menurunkan harga properti yang tak terkendali, dan merombak kantor kepresidenan. Dia juga berjanji untuk mewujudkan netralitas karbon melalui energi terbarukan dan nuklir.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan