Pemerintah Bakal Subsidi Minyak Goreng Curah, Jokowi Beberkan Alasannya

Jabarekspres.com – Pemerintah telah memperhatikan kenaikan harga komoditas minyak nabati global. Maka dari itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan mensubsidi harga  minyak goreng curah.

“Memperhatikan kenaikan harga komoditas minyak nabati, termasuk minyak kelapa sawit global, pemerintah memutuskan untuk menyubsidi harga minyak kelapa sawit curah,” cuit Jokowi dalam akun Twitter @jokowi, Selasa (15/3).

“Pemerintah juga terus memperhatikan dengan sungguh-sungguh ketersediaan dan distribusi minyak goreng di pasaran,” sambung Jokowi.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pemerintah akan menyiapkan skema subsidi harga minyak kelapa sawit curah yang saat ini mencapai  Rp 14 ribu per liter.

Keputusan Jokowi akan mensubsidi minyak goreng curah diambil dalam rapat terbatas (ratas) kemarin Selasa (15/3) dan setelah pemerintah memperhatikan kenaikan harga komoditas minyak nabati, termasuk minyak kelapa sawit secara global.

“Subsidi akan diberikan berbasis kepada dana dari BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit),” ujar Menko Airlangga.

Sementara, harga minyak kelapa sawit dalam kemasan lain menurutnya akan menyesuaikan terhadap nilai keekonomian.

Dirinya berharap penyesuaian nilai tersebut akan berdampak pada ketersediaan minyak kelapa sawit baik di pasar modern maupun pasar tradisional.

“Terkait dengan harga kemasan lain, ini tentu akan menyesuaikan terhadap nilai daripada keekonomian sehingga tentu kita berharap bahwa dengan nilai keekonomian tersebut minyak sawit akan tersedia di pasar modern maupun di pasar tradisional ataupun di pasar-pasar,” harap Menko Airlangga. (bbs/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan