Airlangga Hartarto: Masalah Kebutuhan Air Bersih Menjadi Isu di Forum AIWW

NTT – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, keberadaan air bersih saat ini telah menjadi perhatian global di tengan terjadinya perubahan iklim dunia.

Menurut Airlangga Hartarto, kebutuhan air bersih masih menjadi masalah krusial di tingkat glbal. Khususnya bagi negeri-negara miskin dan berkembang.

Miliaran orang di dunia masih belum memiliki akses berkelanjutan ke air bersih bahkan bisa dikatakan kebutuhan air bersih sudah kritis.

‘’Ini harus menjadi perhatian utama, kebutuhan air merupakan kebutuhan mendasar yang dipadu dengan mewujudkan lingkungan yang sehat,’’kata Airlangga Hartarto dalam keterangannya, Senin, (14/3)

Airlangga Hartarto yang ikut mendampingi Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menuturkan, pada event “the 2nd Asia International Water Week (AIWW)” salah satu isu yang akan dibahas adalah tentang masalah air bersih.

Dalam acara tersebut seluruh pemangku kepentingan dan para pakar lingkungan akan membahas berbagai masalah tentang air.

Sebagai wadahnya The Asia Water Ministers’ Meeting akan memberikan informasi kepada semua negara mengenai strategi pemanfaat air bersih.

Airlangga Hartarto berharap, adanya event tersebut dapat meberikan masukan positif bagi setiap negara mengenai pemanfaatan air, dan strategi penanganganannya untuk masing-masing negara.

Ketua DPP Partai Golkar ini optimis bahwa Pekan Air Internasional Asia ke-2 akan menghasilkan rekomendasi kebijakan berkualitas tinggi dan rencana aksi yang dapat diterapkan untuk pembangunan berkelanjutan di Kawasan Asia.

“Saya berharap dapat menjadi bagian dari diskusi penting yang akan berlangsung dalam dua hari mendatang,’’katanya,

Pada kegiatan tersebut, Menko Airlangga juga bertemu Sekretaris Jendral PBB Ban Ki Moon, juga pertemuan dengan Menteri Lingkungan Hidup Korea Han Jeoung Ae.

Kesempatan ini digunakan Indonesia untuk menjadi bagian dari upaya mencari solusi bersama untuk masalah krisis air yang telah menjadi isu global yang semakin kompleks.

Sementara itu, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengatakan, masalah ketersediaan air bersih untuk masyarakat sudah menjadi perhatian pemerintah sejak lama.

Menurutnya, berbagai program Sanitasi Masyarakat sudah banyak diluncurkan dan dilaksanakan diberbagai daerah untuk mendukung ketersediaan air bersih.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan