Cek Identitas Lewat No Rekening Bank, Ini Caranya

Jabarekspres.com – Cek identitas lewat no rekening bank kini sangat mudah. Bagi yang yang membutuhkan informasi itu yuk simak ulasan di bawah ini.

Sebelum menjelaskan secara detail bagaimana cara cek identitas lewat no rekening bank, mari ketahui terlebih dulu apa saja sih kegunaannya.

Pertama, demi mencegah penipuan. Ya kasus penipuan menggunakan rekening bank selalu terjadi di Tanah Air dengan beragam modus.

Makanya, dengan melakukan cek identitas lewat no rekening bank sebelum mengirim uang tentu bisa meminimalkan risiko penipuan itu.

Setidaknya ada beberapa modus penipuan yang perlu diwaspadai. Di antaranya Pembobolan Rekening melalui kode OTP (notifikasi SMS) dan CVV.

Selanjutnya modus phishing email. Korban penipuan menerima e-mail masuk yang menginformasikan untuk melakukan pembaharuan akun internet banking

Lalu skimming ATM yaitu menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu. Dan modus terakhir OneKlik di toko online atau e-commerce.

Kedua, demi memastikan dana terkirim pada orang yang tepat. Melakukan pengecekan penting demi mencegah kesalahan mengirimkan dana.

Lantas, bagaimana cara cek identitas lewat no rekening bank sebelum melakukan pengiriman uang? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut caranya.

1. Lewat situs cekrekening.id

Cekrekening.id merupakan salah satu situs yang banyak digunakan untuk memeriksa apakah nomor rekening tertentu pernah terlibat penipuan atau tidak.

– Kunjungi alamat situs cekrekening.id lewat smartphone atau komputer

– Pilih menu ‘Periksa Rekening’

– Pilih jenis akun yang akan diperiksa, apakah itu nomor rekening atau nomor e-wallet

– Masukkan nama bank atau penyedia layanan e-wallet

– Lalu masukkan nomornya

– Konfirmasi captcha dan klik ‘Cek Sekarang’.

Jika nomor pernah terlibat tindak penipuan, maka akan terlihat pada hasil pencariannya. Kalau sudah terlanjur melakukan transaksi dan ternyata itu penipuan bisa dilaporkan di halaman yang sama.

2. Langsung ke Bank Terdekat

Kalau sudah terlanjur mengirimkan uang dan baru sadar itu penipuan, maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan membuat laporan ke bank.

– Kunjungi kantor cabang bank dan informasikan tujuan kedatangan

– Ambil nomor antrean dan sampaikan kejadian penipuan kepada customer service

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan