Masih Bingung Bedakan Bartender dan Barista, Ini Ciri-cirinya

JABAREKSPRES.COM – Banyak yang menyangka bartender dan barista adalah profesi yang sama, karena keduanya sama-sama bekerja dalam bidang pelayanan dan membuat minuman untuk pelanggan.

Padahal kedua profesi tersebut memiliki perbedaan yang mencolok, terutama dari lokasi pekerjaannya. Namun masih saja ada yang memanggil mereka dangan profesi yang salah.

Bahkan asal usul nama keduanya juga terbilang saling berhubungan. Dalam bahasa Italia, Barista berarti “pelayan bar” atau “bartender“. Namun bisa diartikan, barista merupakan seseorang yang pekerjaannya membuat, menyiapkan, dan menyajikan berbagai jenis kopi.

Seorang barista akan mudah ditemukan di coffee shop, kafe dan juga restoran. Barista juga profesi yang akan selalu berhubungan dengan kopi. Karena tugas utama seorang barista adalah meracik minuman yang berbahan dasar dari kopi.

Dilansir dari laman sadakoffie,com Seorang Trainer Barista dari Anomali Coffee, Aris, mengatakan, kualitas kopi tergantung pada tiga hal, yaitu biji kopi, mesin pembuat kopi, serta orang si pembuat kopi.

Dari sini terlihat, skill seorang barista sangat mempengaruhi cita rasa kopi saat dinikmati.

Dengan kemampuan yang terlatih, sorang barista dapat mengolah kopi dengan baik agar menjadi berbagai minuman yang memiliki banyak variasi rasa, aroma, warna dan juga kreasi art yang mengagumkan.

Apalagi jenis-jenis kopi dan racikan minuman berbahan kopi saat ini terus berkembang dan semakin banyak variasinya.

“Saat ini, seorang barista lebih cenderung disebut sebagai seniman kopi karena skill art mereka.” ujarnya.

Sementara Seorang Bartender biasanya akan ditemui di semua restoran yang memiliki bar.

Bartender memiliki tugas utama dalam hal meracik minuman, baik yang beralkohol maupun tidak, dan menyajikannya pada konter bar.

Seperti Barista, seorang bartender juga harus memiliki keahlian  agar bisa menyajikan minuman yang sesuai permintaan pelanggannya.

Berbagai jenis minuman yang harus benar-benar mereka kuasai seperti anggur, koktail, likeur, dan juga bir. Pada saat ini, bukan hal baru lagi bila seorang bartender pun harus bisa menyajikan minuman koktail klasik.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang bartender akan dibantu oleh asisten yang disebut dengan barback, dan aksi yang dilakukan oleh bartender saat meracik minuman disebut dengan “bartending”.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan