FISIP Unpas Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Mekarwangi Kecamatan Sindangkerta

BANDUNG – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program studi Ilmu Komunikasi FISIP Unpas (Universitas Pasundan) digelar di Desa Mekarwangi, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Senin Kemarin (7/3).

Program studi Ilmu Komunikasi FISIP Unpas menyelenggarakan pelatihan dan pengembangan kemampuan karang taruna melalui Communication Skills di Desa Mekarwangi, Kecamatan Sindang Kerta, Kabupaten Bandung Barat.

Kegiatan ini diikuti oleh anggota Karang Taruna Mekarwangi dan pejabat setempat yang bertempat di Aula Desa Mekarwangi.

Susunan kegiatan berbentuk penyampaian materi oleh Dr. Qisty Rabathy, S.I.Kom., M.Si. dosen FISIP Unpas mengenai keterampilan komunikasi (communication skills) yaitu,  hal yang harus diperhatikan saat berkomunikasi, oral, written, non-verbal,  dan mengatasi demam panggung.

“Penyuluhan communication skills sangat penting untuk sebuah organisasi. Apalagi dengan mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam organisasi,” ujar Danish Budiman selaku anggota karang taruna desa Mekarwangi.

“Seperti kegiatan yang diselenggarakan oleh teman-teman dari FISIP UNPAS yang memberikan pengalaman dan pengetahuan baru untuk para pemuda-pemudi. Khususnya yang mengikuti acara penyuluhan. Sehingga, kita bisa belajar bagaimana berbicara di depan publik dengan profesional, tambahnya.

Dalam rangkaian acara tersebut, Dr. Qisty Rabathy S.I.Kom.,M.Si melakukan penyuluhan di depan anggota Karang Taruna bahwa communication skills merupakan keterampilan yang sangat penting terutama dalam organisasi karang taruna. Terutama pada saat melakukan penyampaian informasi baik berupa tulisan, maupun lisan.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu langkah awal para anggota karta agar lebih percaya diri dalam berkomunikasi juga semakin terampil dalam menjalin hubungan sosial dengan anggota karta lainnya dan juga masyarakat sekitar di wilayah desa. Selanjutnya dengan keterampilan komunikasi yang baik pada setiap anggota karta juga dapat membantu pemecahan konflik yang ada pada kelompok karta dengan cepat dan tepat,” kata Dr. Qisty Rabathy S.I.Kom.,M.Si selaku pemateri dalam kegiatan penyuluhan tersebut.

Selain memberikan pengarahan, tim Pengabdian kepada masyarakat FISIP Unpas juga berkolaborasi dengan komunitas sosial Bandung Care dan komunitas Young Jimners melalui kegiatan mengajar siswa SD kelas 4 di SDN Girimukti, tanya jawab interaktif, berbagi hadiah untuk siswa SD, mendonasikan buku bacaan, dan menyalurkan bantuan yang terkumpul kepada sebagian warga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan