Kodam III Siliwangi Berikan Pembekalan Intelejen dengan Sistem MTT

BANDUNG – Kodam III/ Siliwangi memberikan pembekalan Mobile Training Team (MTT) tentang pengetahuan dasar Intelejen bagi para Bintara Intelejen yang bertugas di lingkungan kesatuan Kodam III Siliwangi.

Kegiatan yang berlangsung hingga 19 Maret 2022 itu memiliki tujuan agar seluruh peserta memiliki kemampuan intelejen dengan kemampuan pengelolaan data dan analisa.

Panglima Kodam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo melalu Kepala Penerangan (Kapendam) mengatakan Kolonel Inf Arie Tri Hendhianto mengatakan, setiap peserta harus mampu melakukan pengelolaan data dengan mengumpulkan berbagai informasi di lapangan.

Informasi-informasi ini nantinya akan dianalisa dengan menggunkan sistem teknologi informasi. Sehingga nantinya sebagai bahan untuk mengambil keputusan oleh pimpinan.

Arie menilai,pengetahuan dasar intelejen bagi setiap prajurit wajib harus dikuasai. Bukan hanya teori tapi praktek dilapangan dengan mengumpulkan berbagai keterangan harus dikuasai.

Lanjutnya menambahkan, selain itu untuk memberi dan memelihara pengetahuan serta keterampilan dasar Intelijen bagi peserta sehingga dapat melaksanakan pengumpulan keterangan secara optimal.

Pangdam III/Siliwangi akan terus melakukan berbagai pembenahan di Internal dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Prajurit (SDM) agar mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Arie menuturkan, untuk menjamin stabilitas keamana negara, intelejen adalah instrumen penting untuk memberikan informasi dan perkembangan.

Bukan saja dalam kondisi perang tapi dalam pendeteksian dini harus menjadi tolak ukur agar dapat memberikan informasi yang akurat.

Dalam melakukan pralteknya, sorang intelejen harus memiliki sikap luwes, fleksibel, kemampuan antisipasi, dan pemulihan.

‘’Kemampuan ini akan diuji langsung dalam praktek di lapangan,’’katanya.

Untuk itu, Pangdam berpesan, agar setiap peserta untuk dapat mendalami intelejen termasuk pengetahuan dalam pengelolaan data dan penguasaan teknologi informasi.

Penguasaan teknologi merupakan hal penting. Sebab, di era transformasi digital saat ini Kodam III Siliwangi memiliki server pengelolaan data sendiri.

Server ini akan melakukan pengelolaan data secara mandiri dan sangat membutuhkan kemapuan SDM yang handal untuk menguasainya.

Untuk itu, dalam membangun sistem teknologi dibutuhkan kemampuan mumpuni dalam pengusaan tenologi digital dengan mengembangkan kemapuan SDM prajurit Kodam III Siliwangi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan