Cek Tagihan BPJS Kesehatan, Mudah Cukup Pakai HP!

Jabarekpres.com – Cara cek tagihan BPJS Kesehatan kini bisa lebih mudah. Para peserta tak perlu khawatir lagi sebab cukup memakai HP atau smartphone.

Layanan cek tagihan BPJS Kesehatan melalui sarana HP ini memang disiapkan untuk memudahkan peserta melakukan iuran jaminan kesehatan tersebut.

Sebagaimana diketahui, program BPJS Kesehatan ini secara resmi mulai bergulir tahun 2014 sesuai dasar hukum Undang-undang (UU) Nomor 24 Tahun 2011.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ini merupakan lembaga khusus yang bertugas menyelenggarakan jaminan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Lalu bagaimana cara cek tagihan BPJS Kesehatan melalui HP tanpa harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan setempat? Simak baik-baik.

1. Melalui Website

Langkah pertama para peserta bisa mengunjungi laman bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/. Setelah itu, pilih menu ‘Cek Iuran BPJS Kesehatan’ yang ada di bagian kanan.

Lalu masukkan data dari 13 digit nomor kartu identitas, tanggal lahir serta angka validasi yang ada di dalam gambar situs. Setelah itu akan dipandu secara berurutan saat mengakses.
Kemudian klik tombol cek, maka data akan tampil dalam layar website.

2. Melalui Aplikasi

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan di HP pun bisa melalui Mobile JKN yang dapat diunduh di Play Store atau AppStore.

Peserta terlebih dulu menginstal aplikasi Mobile JKN. Setelah berhasil silahkan log in untuk masuk ke akun dengan mengisi form.

Setelah masuk, klik menu Tagihan, dan untuk melihat rincian tagihan dapat menekan Premi.

3. Melalui SMS

Peserta juga bisa cek tagihan melalui SMS. Pertama, ketik pesan dengan format: (TAGIHAN spasi Nomor Kartu BPJS Kesehatan) dan kirim ke nomor 0877-7550-0400.

Cara lainnya, ketik NOKA (spasi) nomor kartu BPJS Kesehatan, lalu kirim ke 08777 5500 400. Sistem nantinya akan mengirimkan informasi tagihan ke ponsel.

4. Melalui WhatsApp (WA)

BPJS Kesehatan telah memiliki layanan yang diberi nama Chika yang disediakan bagi para peserta yang membutuhkan pelayanan informasi. Termasuk cek tagihan BPJS online.

Cara mengecek tagihannya bisa dilakukan melalui Chatting Whatsapp ke nomor 08118750400.

5. Melalui Facebook dan Telegram.

Para peserta bisa mengirimkan pesan pada Facebook Messenger BPJS Kesehatan. Sedangkan cara mengecek tagihan BPJS di HP lewat Telegram, bisa langsung masuk ke link Telegram BPJS Kesehatan berikut: http://t.me/Chika_BPJSKesehatan_bot.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan