Durasi Video TikTok Kini Bertambah, Jadi 10 Menit?

JAKARTA – Nama aplikasi TikTok di kancah platform berbagi video pendek saat ini memang sedang di atas awan. Popularitasnya tengah melejit tinggi dan digandrungi oleh banyak orang, tua, muda dan dari berbagai kalangan.

Dirilis sebagai platform berbagi video, TikTok memang punya ambisi untuk bisa melewati popularitas YouTube. Oleh karena itu, platform yang sempat tersandung masalah di banyak negara itu kini terus berbenah.

Belum lama ini, Tintiky mengonfirmasi bahwa mereka telah menambah durasi video di platformnya menjadi 10 menit. Sebelumnya panjang video TikTok hanya dibatasi selama 15 detik, lalu menjadi 60 detik, dan diperpanjang lagi menjadi 3 menit pada Juli 2021 lalu.

“Kami selalu mencari cara baru untuk membawa nilai ke dalam komunitas dan memperkaya pengalaman di TikTok,” jelas juru bicara TikTok seperti dikutip dari CNet.

TikTok berharap, dengan kini ditambah durasinya, makin banyak orang akan datang ke platform tersebut dengan kreativitas yang lebih lagi. Dengan durasi yang tambah panjang, otomatis lebih banyak hal bisa dilakukan dalam area bidik kamera di platform TikTok.

Saat ini beberapa pengguna TikTok dilaporkan sudah bisa menjajal durasi unggahan video hingga 10 menit panjangnya. Memang belum semua, tapi pihak TikTok mengatakan bakal segera merilis pembaruan agar lebih banyak pengguna bisa merasakan durasi video yang lebih panjang lagi.

Adapun ketersediaan fitur ini diumumkan melalui notifikasi di dalam aplikasi, seperti yang diterima oleh konsultan dan analis media sosial, Matt Navarra. Melalui sebuah postingan di Twitter, Navarra membagikan tangkapan layar (screenshot) berisi notifikasi perpanjangan durasi video di TikTok.

“TikTok merambah ke wilayah YouTube. Sekarang saya dapat mengunggah video hingga 10 menit,” tulis Navarra.

Setelah pemberitahuan itu, pihak TikTok memberikan konfirmasi atas perubahan durasi video di platformnya.

“Kami selalu berpikir tentang cara baru memberikan nilai bagi komunitas kami dan memperkaya pengalaman di TikTok,” kata pihak TikTok.

Seperti sudah disinggung di atas, penambahan durasi tujuh menit tersebut bakal mengizinkan kreator TikTok menciptakan video yang lebih kaya akan makna lantaran durasinya yang lebih lama. Di samping itu, durasi yang lebih panjang berarti kreator tak perlu memangkas video menjadi beberapa bagian.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan