Manfaat Minyak Kayu Putih Beragam, Bisa Sembuhkan Sinus Lho

JAKARTA – Manfaat dari minyak kayu putih beragam. Sebuah studi menunjukan bahwa minyak kayu putih dapat memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Selain itu, menghirup uap minyak kayu putih juga dapat membantu mengobati asma. Berikut ini manfaat minyak kayu putih yang dilansir dari laman fin.co.id

1. Menyembuhkan Sinus, Pilek, dan Flu

Minyak tersebut bermanfaat untuk membantu meringankan gejala pilek dan flu. Eucalyptus memiliki sifat anti-inflamasi dan dekongestan. Minyak ini untuk mengobati hidung tersumbat, asma, pilek, batuk, sinusitis, dan sakit tenggorokan.

2. Membantu Pengobatan Paru-paru

Pengobatan tradisional menggunakan minyak kayu putih dapat mengatasi gangguan pernapasan akut dan kronis.

Hal itu karena komponen aktif seperti eucalyptol atau 1,8-cineole, menunjukkan sifat anti-inflamasi dan anti-infektif dalam kasus-kasus infeksi paru-paru dan radang paru-paru.

3. Mengobati Batuk

Kandungan cajuput dan sineol pada minyak kayu putih mampu membantu kamu dalam meredakan batuk. Selain mempunyai senyawa yang bersifat dekongestan alami, minyak kayu putih juga mempunyai kandungan yang mampu melegakan saluran pernapasan.

4. Merawat Luka

Aktivitas antimikroba dalam minyak kayu putih membuktikan ekstrak daun eucalyptus dapat membantu melawan patogen Staphylococcus aureus (S. aureus) dan Escherichia coli (E. coli).

5. Meredakan Nyeri Otot

Selain itu, minyak kayu putih memiliki respons fisiologis yang mampu menghilangkan rasa sakit pada otot. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan