Dishub Kota Bandung Akan Lakukan Pengawasan dan Rekayasa Lalu Lintas Jika…

BANDUNGLibur panjang selama 3 hari ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menyebut bahwa arus lalu lintas di beberapa titik gerbang masuk Kota Bandung seperti di 5 Gerbang Tol dinilai sangat sepi.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan bahwa adanya penurunan mobilitas ini dikarenakan adanya kebijakan ganjil genap di 5 Gerbang Tol yang selama akhir pekan ini terus berlangsung.

“Sepi Alhamdulillah (mobilitas kendaraan di 5 Gate tol). Dan kenapa sepi? karena di Bandung ada gage (Ganjil genap) maupun penutupan jalan,” terang Asep saat dihubungi, Senin (28/2).

Dengan adanya hal tersebut, menurut Asep, masyarakat di luar kota yang hendak menuju kota Bandung untuk berwisata selama libur panjang ini telah mengira adanya penutupan jalan secara total.

Padahal, kata dia, Kota Bandung tidak terdapat penutupan jalan secara total. Akan tetapi, hanya diberlakukan pelaksanaan kebijakan ganjil genap dan penutupan di tiga ruas jalan yang berada di dalam Kota.

“Efeknya (gage dan penutupan jalan) Alhamdulillah sangat signifikan, mobilitas orang dari luar Bandung ke Bandung tidak terlalu banyak,” imbuhnya.

Untuk diketahui, sejak diberlakukannya pelaksana ganjil genap di 5 Gerbang Tol yang ada di Kota Bandung di minggu ketiga ini, petugas gabungan dari Dishub Kota Bandung dan jajaran kepolisian dari Polrestabes Bandung telah berhasil memutar balikan 1.553 kendaraan sejak Jum’at (25/2) – Minggu (27/2) kemarin.

Sehingga untuk hari Senin (28/2) ini, Asep menuturkan bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan di 5 Gerbang Tol dan beberapa ruas yang disinyalir dapat menimbulkan kepadatan kendaraan

Ia menyebut, jika nantinya terjadi kepadatan kendaraan, maka pihaknya akan melakukan rekayasa arus lalu lintas di beberapa titik Kota Bandung.

“Untuk di hari Senin ini, hanya pemantauan baik di Tol maupun di dalam Kota. Dan jika nanti seandainya ada kemacetan, kami (Dishub Kota Bandung) beserta jajaran kepolisian akan melakukan rekayasa jalan,” pungkasnya. (Mg4/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan