Ternyata Jahe Bisa Timbulkan Efek Samping

JAKARTA Jahe ternyata bukan hanya dapat membantu mengobati banyak penyakit umum, selain itu bisa menimbulkan efek samping juga.

Sementara efek samping yang ditimbulkan jahe sebagian besar karena asupan yang berlebihan, dalam banyak kasus justru memperburuk masalah kesehatan manusia.

Berikut 5 efek samping jahe yang tak banyak orang ketahui yang dilansir dari Times of India:

1. Tidak aman selama kehamilan

Menurut ginekolog, mengkonsumsi jahe di luar batas yang ditentukan 1500 mg per hari dapat meningkatkan risiko keguguran. Agar lebih aman, disarankan untuk menghindarinya selama kehamilan atau hanya mengonsumsinya setelah berkonsultasi dengan dokter.

2. Menyebabkan pendarahan

Kita semua tahu bahwa jahe memiliki sifat anti platelet. Dalam hal ini, asupan jahe yang berlebihan dapat menyebabkan pendarahan. Juga telah ditemukan bahwa ketika dikonsumsi dengan cengkeh atau bawang putih, itu semakin meningkatkan risiko pendarahan yang berlebihan.

3. Mempengaruhi jantung

Pakar jantung merekomendasikan agar mereka yang mengonsumsi obat tekanan darah harus menghindari asupan jahe. Dipercaya bahwa dosis jahe yang tinggi memperburuk kondisi jantung dan dapat menyebabkan ketidakteraturan dalam detak jantung.

4. Iritasi mulut

Ada makanan yang menyebabkan alergi saat dikonsumsi. Ini juga disebut Sindrom Alergi Mulut. Menurut para ahli, sering terjadi dengan asupan jahe, di mana mulut Anda mulai gatal. Iritasi ini menyebabkan rasa tidak enak. Dalam beberapa kasus, alergi terkait termasuk kesemutan dan pembengkakan mulut.

5. Tidak terlalu baik untuk perut

Jahe adalah bahan yang kuat bila dikonsumsi saat perut kosong dapat menyebabkan rangsangan lambung yang menyebabkan gangguan pencernaan dan juga sakit perut. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan