Vladimir Putin Diduga Miliki Aset Rp2.860 Triliun, Melebihi Bill Gates dan Jeff Bezos

JAKARTA Presiden Rusia Vladimir Putin disebut salah satu pemimpin terkaya di dunia. Hal ini diungkapkan pengkritik keras Presiden Rusia, Bill Browder yang menyebut Putin memiliki total aset Rp2.860 triliun.

Mungkin perkiraan paling ekstrem dari kekayaan Putin memang datang dari Bill Browder. Pria yang merupakan pemodal dan pengkritik keras Presiden Rusia dan salah satu pendukung utama Undang-Undang Magnitsky.

Dia bersaksi kepada Senat AS pada 2017 bahwa dia percaya presiden Rusia adalah satu orang terkaya di dunia, dengan total aset hingga US$ 200 miliar (Rp 2.860 triliun).

Jumlah itu akan membuat Vladimir Putin lebih kaya dari Jeff Bezos, Bill Gates, dan Elon Musk.

Browder mendasarkan perhitungannya pada keyakinannya bahwa Putin memerintahkan oligarki terkaya Rusia untuk menawarkan setengah dari kekayaan mereka setelah penangkapan tahun 2003 atas Mikhail Khodorkovsky, pendiri perusahaan minyak Yukos yang pernah menjadi orang terkaya Rusia.

Dia dipenjara karena penipuan.

Yang lain berpendapat bahwa mencoba menghitung kekayaan Putin tidak tepat sasaran.

Jumlah kekayaannya Putin yang beredar atau diklaim berbagai sumber hanya berdasarkan spekulasi.

Bahkan, Forbes memilih untuk tidak memasukkan Putin ke dalam daftar miliarder, dengan mencatat pada 2015 bahwa Forbes tidak dapat memverifikasi kepemilikan aset senilai US$ 1 miliar atau lebih.

Sementara Stanislav Belkovsky, seorang analis politik Rusia dan kritikus Putin, memperkirakan Putin memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 70 miliar atau Rp 1.001 triliun pada 2012 kepada Biro Jurnalisme Investigasi.

Itu berdasarkan klaim bahwa presiden Rusia memiliki saham di perusahaan minyak dan gas Rusia seperti Gazprom dan Surgutneftegas.

Anders Aslund, ekonom Swedia dan penulis Russia’s Crony Capitalism: The Path from Market Economy to Kleptocracy, memberikan perkiraan yang lebih tinggi dengan alasan bahwa Putin memiliki aset antara US$ 100-150 miliar (Rp 1.430-2.145 triliun).

Aslund mendasarkan perhitungannya pada kekayaan orang kepercayaan Putin. Ekonom memperkirakan teman-teman Putin memegang antara US$ 500 juta dan US$ 2 miliar masing-masing atas nama presiden Rusia.

Sementara itu, Daily Star memberitakan bahwa Putin yang telah berkuasa di Rusia selama 17 tahun, telah mengumpulkan kekayaan pribadi dan banyak rumah, kapal pesiar, mobil, dan bahkan istana presiden rahasia senilai miliaran pound.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan