Simbol Bintang Gatotkaca Disebut Mirip Captain Marvel, Begini Kata Hanung Bramantyo

JAKARTA Film Satria Dewa: Gatotkaca yang disutradarai Hanung Bramantyo menjadi sorotan. Pasalnya simbol bintang di dada Gatotkaca disebut mirip Captain Marvel.

Hanung  Bramantyo menyatakan bahwa dirinya tidak menciptakan gambaran karakter baru saat membuat film Gatotkaca. Dia menciptakan film itu berdasarkan tokoh Gatotkaca sebagaimana dalam gambaran yang ada di dalam tradisi pewayangan Indonesia.

’’Nggak ada masalah soal kemiripan itu karena nggak ada yang original di bawah matahari ini. Yang perlu kita edukasi adalah Gatotkaca, lambang Gatotkaca, sudah ada lebih dulu ribuan tahun lalu dibandingkan dengan Captain Marvel,” kata Hanung Bramantyo yang dikutip dari JawaPos.com Rabu, (23/2).

Dia menambahkan, membuat film ini tidak ada karangan. Hanung mengikuti sesuai dengan pakem yang ada di dalam cerita pewayangan. Setidaknya ada tiga ciri Gatotkaca yang juga dimasukkannya ke dalam film ini. Yaitu kumis, sayap (yang diberi nama antakusuma), dan terakhir bintang.

’’Karena saya mengadaptasi, bukan menciptakan Gatotkaca, maka ciri ciri dari Gatotkaca harus saya ikuti. Kalau seandainya di wayang itu  tidak ada bintang, saya tidak akan pakai di situ. Saya membuat sebuah tokoh yang bukan fiksi. Dia dari wayang Mahabharata yang sudah ada ribuan tahun lalu,” jelas Hanung.

Hanung kemudian membuat sebuah perbandingan lain. Misalnya ia ingin membuat film superhero Arjuna dalam pewayangan yang digambarkan memiliki senjata berupa panah. Dia menyebut sangat tidak tepat apabila kemudian disebut meniru film Hollywood seperti tokoh Legolas di Lord of the Rings dan lain lain, hanya karena Arjuna menggunakan senjata berupa panah.

’’Marvel atau kita yang nyontek? Jangan-jangan Marvel yang nyontek karena Mahabharata dikenal di seluruh dunia. Padahal tokoh tokoh dari Hollywood itu bisa jadi terinspirasi dari Mahabharata. Bagi saya, yang mempersoalkan film tersebut menjiplak Captain Marvel, orang itu sepertinya harus belajar dulu tentang wayang,” tuturnya.

Simbol bintang bukan hanya ada dalam film Hanung Bramantyo. Dikutip dari akun Twitter @sinema911, Gatotkaca yang diangkat ke dalam game Mobile Legends karya komikus Is Yuniarto juga digambarkan memiliki lambang bintang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan