Ono Surono Ingin Generasi Muda Mampu Jawab Tantangan Zaman

Apa yang diharapkan oleh bangsa Indonesia saat ini kepada generasi milenialnya saat ini?

“Berbagai pertanyaan mungkin akan menyusul. Jawaban terhadap setiap pertanyaan tersebut mungkin juga pernah dijadikan beberapa topik seminar, lokakarya, maupun diskusi yang diselenggarakan oleh berbagai pihak,” ujar dia.

Menurut Ono, generasi muda kaum milenial memiliki peran penting dalam perjalanan sejarah setiap bangsa di dunia.

Dia menambahkan di negara-negara yang dianggap sudah memiliki sistem demokrasi yang sudah matang dan perekonomian yang mapan pun, generasi muda memiliki peranan yang penting.

“Sejarah mencatat adanya fenomena flower generation (generasi bunga) yang merebak di negara-negara di Eropa Barat dan Amerika Serikat pada tahun 1970-an. Sejarah juga mencatat demonstrasi besar-besaran menentang perang Vietnam di Amerika Serikat yang dimotori oleh generasi muda,” ungkapnya.

Menurut Ono, demonstrasi para kaum intelektual yang dilakukan di Perancis pada tahun-tahun 1960-an dan 1970-an juga dimotori oleh para kaum muda milenial pada jamannya.

Kemudian, lanjutnya, peristiwa Kongres Pemuda II pada tahun 1928 yang yang di pelopori kaum milenial pada saat itu yang kemudian melahirkan Sumpah Pemuda merupakan sebuah teks yang tidak dapat dilepaskan dari konteks politik, , sosial, dan budaya yang melingkupinya.

Karena itu, kata dia, ketika muncul pertanyaan akan seperti apakah peran generasi muda saat ini, maka dengan konteks situasi politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang saat ini ada, tentunya teks yang akan dihasilkan pun akan berbeda dengan apa yang telah dihasilkan pada 1928 dalam bentuk Sumpah Pemuda.

“Semangat persatuan untuk melakukan perlawanan terhadap pemerintah kolonial Hindia-Belanda yang menjiwai kaum milenial di setiap jaman seperti milenial di tahun 1928 yang berhasil merumuskan satunya Bahasa dan bangsa, dan kaum milenial pada 1945, yang mampu melepaskan bangsa ini dari penjajahan,” bebernya.

Ono menegaskan generasi milenial saat ini harus dapat menjawab berbagai persoalan bangsa saat ini. Dia juga membeberkan persoalan kemiskinan, distribusi sumber daya ekonomi yang tidak merata, korupsi, penyalahgunaan narkoba, dan kebangaan terhadap budaya asing yang menjangkiti banyak kaum milenial saat ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan