Pasar Parakan Muncang Sumedang Masih jadi Sorotan Soal Sampah

SUMEDANG – Pasar Parakan Muncang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang masih jadi sorotan karena terdapat banyak sampah.

Pasalnya, sampah di area depan Pasar Parakan Muncang itu seakan tak pernah habis, sebab setiap kali dibersihkan tumpukan sampah kembali tampil di bahu jalan dalam waktu yang terbilang singkat.

Terkait hal itu, Tim Gugus Tugas Pengelola Kawasan Perkotaan Jatinangor (PKPJ) yang juga membawahi wilayah Cimanggung, Dedi turut soroti tumpukan sampah tersebut.

Dedi menyampaikan, sebagai PKPJ yang juga mengelola lingkungan, sampah di Pasar Parakan Muncang harus ditangani dengan solusi jangka panjang.

“Karena kalau sekadar ditarik sampahnya oleh DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang) itu cuma bertahan satu malem, paginya menumpuk lagi,” kata Dedi kepada Jabar Ekspres di area pasar, Senin (21/2).

Menurutnya, sebagai gerbang masuknya wilayah Kabupaten Sumedang, Kecamatan Cimanggung harus bisa menampilkan tampilan yang bagus bagi masyarakat luar.

“Cimanggung ini salah satu etalase Kabupaten Sumedang. Jadi sudah sewajarnya etalase ini menampilkan yang bagus, bukan malah sampah yang ada di pasar Parakanmancang,” kata Dedi.

Di lokasi depan Pasar Parakan Muncang, Dedi terlihat mengecek area Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang tepat berada di bahu jalan.

Dia mengaku, sangat menyayangkan kondisi TPS di pasar tersebut berada dibahu jalan, sebab dikatakan Dedi, tak jarang warga luar Kecamatan Cimanggung ikut menyumbangkan sampah.

“Sambil lewat pakai motor pasti ada saja yang memanfaatkan lokasi sampah ini. Soalnya penjagaan gak ada juga dan sudah banyak yang terbiasa,” imbuh Dedi.

“Apalagi lokasinya di pinggir jalan kayak gini, terlalu mencolok. Jadinya warga luar bisa gampang membuang sampah,” tambahnya.

Dedi menuturkan, harapannya lokasi TPS Pasar Parakan Muncang itu dapat segera dilakulan pembenahan atau dipindahkan.

“Saya harap bisa secepatnya ada solusi dalam penanganan sampah ini. Solusinya adalah duduk bersama dari semua pihak. Termasuk kami dari PKPJ yang siap membantu dalam penyelesaian persoalan sampah di Pasar Parakan Mancang ini,” tutupnya. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan