Manfaat Konsumsi Udang Bagi Kesehatan Tubuh

JAKARTA – Manfaat konsumsi udang bagi kesehatan ternyata sangat banyak. Ahli gizi merekomendasikan untuk mengonsumsi udang karena memiliki kandungan protein.

Menkonsumsi udang sangat baik bagi yang ingin menurunkan berat badan dan membentuk otot tubuh.

Untuk Nutrisi Otak

Mannfaat Konsumsi udang menawarkan manfaat iodine itu, yang sangat baik untuk nutrisi otak manusia. Namun yang juga kerap jadi pertanyaan orang, adalah kandungan kolesterol yang dimiliki udang.

Seperti dilansir Healthline, tidak semua orang sensitif akan kolesterol dari apa yang mereka makan. Konsumsi makanan dengan kadar kolesterol, hanya memiliki sedikit dampak terhadap kadar kolesterol dalam darah.

Karena pada dasarnya, kolesterol diproduksi secara alami oleh tubuh manusia, tepatnya di liver. Berdasarkan sebuah studi, mereka yang rutin memakan udang 300 gram per harinya, punya kadar kolesterol baik lebih tinggi sebesar 12 persen.

Konsumsi udang secara rutin juga disebut baik untuk menurunkan kadar trigliserida, faktor penting untuk memangkas risiko penyakit jantung.

Produksi kolesterol alami ini disebut akan menurun, ketika tubuh mengkonsumsi kolesterol dari apa yang diasup orang lewat makanan.

Kaya Akan Omega 3

Kepitiing, tiram dan udang besar seperti lobster, juga menawarkan manfaat sehat bagi jantung. Pada lemak yang terkandung, terdapat lemak omega-3, yang diklaim ahli baik tidak hanya untuk jantung, namun juga otak.

Kandungan zat besi, zinc, magnesium dan vitamin B12, juga ditawarkan oleh konsumsi seafood jenis shelfish yang dimaksud.

Udang Steam dan Bakar

Namun yang perlu dicatat di sini, adalah bahwa manfaat ini baru benar-benar terasa, jika dimasak dengan cara di-steam juga dibakar. Mereka yang punya alergi udang, adalah mereka yang pantang makan udang.

Udang disebut menjadi salah satu penyebab alergi makanan seafood. Kandungan protein bernama tropomiosin yang dimiliki udang adalah penyebabnya.

Gejala yang ditunjukan reaksi alergi dari memakan udang adalah beragam, mulai yang kecil hingga serius.

Mereka yang alergi udang berpotensi alami kejang, pingsan, bahkan meninggal dunia akibat memakan udang. Menghindari konsumsi makanan dengan kandungan udang, adalah satu-satunya cara untuk menghindari risiko yang disebabkan alergi udang. (fin/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan