Dewan Minta Pemkot Bandung Mengadakan Swab Acak di Sekolah Setiap Hari

BANDUNG – Melonjaknya kasus penyebaran Covid-19 di masyarakat, terutama di lingkungan pendidikan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) segera melaksanakan swab acak kepada siswa dan tenaga pendidik yang sedang melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Menurut Ketua DPRD Kota Bandung, Teddy Rusmawan mengatakan bahwa sebaiknya pelaksanaan swab acak kepada siswa tenaga pendidik sebaiknya dilakukan setiap hari.

“Kemarin kita sudah menyampaikan ke Pemkot, untuk memperbanyak sampling swab dan lainnya. Kita menyampaikan langkah moderatnya, ceknya (tes acak) harus day by day (setiap hari) dan harus berani mengambil kebijakan cepat jika ada yang terpapar,” ungkapnya saat dihubungi, Senin (21/2).

Meskipun penyebaran di lingkungan pendidikan tidak melebihi angka satu persen, kata Teddy, Pemkot Bandung segera mempertimbangkan kemanan di lingkungan sekolah yang sedang melaksanakan PTM.

Apalagi, lanjut dia, kasus penyebaran Covid-19 di Kota Bandung saat ini sudah melebihi di angka 1000 kasus.

“Harus dipantau betul (kegiatan PTM), hari per hari. Kalau memang melebihi angka 1000 kasus per hari ya mau tidak mau untuk melindungi anak-anak kita harus diberhentikan PTM Terbatasnya,” jelas Teddy.

Namun, dengan adanya kebijakan dari Peraturan Wali Kota (Perwal) Bandung terbaru, orang tua siswa juga persilahkan untuk memilih apakah anaknya mengikuti PTM atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Sehingga, dengan adanya hal tersebut, ia meminta kepada orang tua siswa untuk sama-sama ikut mengantisipasi Penyebaran Covid-19 terutama di lingkungan Sekolah.

“Orang tua diberikan ruang oleh Perwal untuk memilih PTM atau PJJ, dan orang tua juga bisa memantau bagaimana keadaan sekolah, jika khawatir bisa melakukan PJJ dengan memberitahu pihak sekolah,” katanya.

“Dan kita juga menyampaikan ke masyarakat kalau ada yang bergejala harus lapor, terutama untuk anak-anak kita. Sehingga bisa lebih objektif lagi karena boleh jadi mereka (sudah) cek kemudian mereka enggak lapor,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, dengan melonjaknya kasus Covid-19 Pemkot Bandung melalui Ketua Harian Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 berencana akan akan mengajukan kepada pemerintah pusat terkait pelaksanaan test swab acak kepada seluruh siswa dan tenaga pendidik yang sedang melaksanakan PTM.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan