Drone Digunakan Selundupkan Narkoba, Jangan Ditiru!

Drone besutan DJI yakni DJI Mini 2 ini malah digunakan untuk mengirimkan paket narkotika oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka menggunakan drone untuk selundupkan narkoba ke perbatasan Amerika Serikat (AS)-Meksiko.

Dilansir dari Ubergizmo, kasus drone selundupkan narkoba ke perbatasan dengan drone memang telah banyak dilaporkan. Namun, kasus yang satu ini dilaporkan berbeda lantaran menggunakan drone berukuran mungil untuk menyelundupkan narkoba ke perbatasan Meksiko.

Selain untuk mengirim narkoba, banyak terdengar cerita tentang bagaimana drone telah digunakan untuk menyelundupkan barang selundupan dan bahkan membantu dalam upaya melarikan diri dari penjara.

Menurut surat perintah penggeledahan yang baru-baru ini dirilis dari Drug Enforcement Administration, pada Oktober 2021 lalu, Stasiun Patroli Perbatasan Campo Tecate melihat sebuah drone terbang di atas pagar setinggi 25 kaki atau 7 meter lebih sebelum akhirnya mobil Mercedes abu-abu tiba dan seorang pria berusaha untuk mengumpulkan drone tersebut.

Sadar ada yang janggal, para penegak hukum di wilayah tersebut kemudian sigap melakukan penindakan. Diketahui drone yang digunakan para pelaku adalah drone DJI Mini 2 yang merupakan drone berukuran kecil.

Ini adalah drone kecil dibandingkan dengan drone biasa dan jelas tidak dirancang untuk mengangkut barang. Drone itu sendiri memiliki berat 249 gram, tetapi paket yang dibawanya justru diketahui lebih berat yaitu mencapai 259 gram.

Namun, untuk perjalanan yang cukup singkat yang hanya melewati tembok perbatasan, ada kemungkinan bahwa itu benar-benar dapat digunakan untuk membawa lebih dari beratnya sendiri.

Aparat penegak hukum kemudian sedang mencari untuk menarik data dari drone seperti data dari kartu MicroSD-nya. Tetapi tidak jelas apakah mereka akan memerlukan data tambahan dari produsen drone atau tidak untuk mengungkapkan siapa pelaku penyelundupan narkoba dengan drone ini.

Selain itu, dari daerah tempat ditemukannya drone mini ini memang dilaporkan kerap terjadi aktivitas kartel narkoba yang terus mencari cara menyelundupkan narkotika. (jawapos/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan