Pedagang Teras Cihampelas Pertanyakan Sikap Tegas Satpol PP

BANDUNG – Pedagang kaki lima (PKL) yang masih bertahan dan membuka kiosnya di Skywalk Cihampelas atau Teras Cihampelas, diketahui tinggal berjumlah 15-17 kios.

Hal itu disampaikan salah seorang pedagang Teras Cihampelas, Ira Rahayu. Dirinya mengungkapkan, rekan-rekan sesama pedagang kebanyakan memutuskan untuk kembali berjualan di bawah Teras Cihampelas alias di bahu jalan sepanjang Cihampelas.

“Padahal kalau yang di bawah berjualan ke atas. Kemungkinan bakal rame lagi ini Teras Cihampelas. Makanya yang di bawah mestinya ditindak atau ditertibkan,” katanya.

Selain menyayangkan sikap kawan-kawan sesama pedagang, Ira juga mempertanyakan ketegasan pihak keamanan yang seolah-olah abai dengan kesemrawutan PKL di bawah Skywalk Cihampelas.

“Kan (menertibkan) itu mah pekerjaan Satpol PP. Tapi mana tindakan Satpol PP? Mereka cuma jalan-jalan,” ucapnya.

Diketahui sebelumnya, Skywalk atau Teras Cihampelas di Kota Bandung awalnya untuk menarik kunjungan wisatawan dan menggerakkan ekonomi pedagang kaki lima. Mereka yang semula berdagang di pinggir jalan pun direlokasi ke tempat tersebut.

Memiliki panjang 450 meter dan menghabiskan dana sekitar Rp43 miliar, mega proyek Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung ini sempat diklaim oleh Wali Kota pada saat itu, Ridwan Kamil, sebagai pedestrian terpanjang dengan konstruksi melayang (skywalk) di Indonesia.

Namun, situasi tak terduga saat pandemi Covid-19 melanda di tahun 2020 awal dengan kebijakan pembatasan aktivitas di masyarakat, Teras Cihampelas pun seperti mati suri.

Sebanyak 192 PKL yang berjualan di sana meninggalkan lapak dagangannya. Bahkan banyak yang kembali berjualan di pinggir jalan karena kebijakan penutupan kawasan Teras Cihampelas akibat mencuatnya kasus Covid-19 di Kota Bandung.

Lalu setelah melandainya kasus Covid-19 di Kota Bandung diikuti kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sempat berada di level 2, mantan Wali Kota Bandung, almarhum Oded M Danial perlahan sempat membuka kembali ruang publik di masyarakat, termasuk Teras Cihampelas. Hingga saat ini keadaan di Teras Cihampelas belum juga pulih, masih sepi pengunjung. (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan