Akan Sebar 15 Juta Masker, BNPB Galakan Lagi 3M di Seluruh Indonesia.

BANDUNG – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan TNI Suharyanto mengatakan, kesadaran masyarakat terhadap Penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) terutama seperti penggunaan masker saat ini telah dirasa berkurang.

Apalagi menurut dia, kasus Covid-19 di tiga Provinsi di Indonesia sedang mengalami puncak penyebarannya.

“Kita lihat Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa timur dan provinsi-provinsi di luar Jawa mulai merasakan peningkatan memang seperti itulah varian virus omicron ini tidak terlalu fatal akibatnya tetapi cepat sekali untuk penularannya,” ucapnya saat ditemui di Balaikota Bandung, Sabtu (19/2).

Melihat adanya Pucak penyebaran Covid-19 di tiga Provinsi tersebut, Suharyanto menegaskan bahwa pihaknya akan mengalakkan kembali terkait penerapan 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga Jarak) kepada masyarakat.

Bahkan dia menambahkan, saat ini pihaknya telah menyediakan 15 juta masker yang nantinya akan dibagikan secara gratis kepada Masyarakat di seluruh Indonesia hingga bulan Mei 2022 nanti.

“Dalam menegakkan protokol kesehatan 3M atau 5M. Itu yang utama adalah memakai masker nah ini kami galakan kegiatan di Jawa Barat dengan memberikan masker gratis dengan jumlahnya rencana mungkin sekitar 1 juta (masker gratis),” ucapnya

“Terus dilaksanakan juga ke daerah-daerah lain, sebagai informasi BNPB akan membagikan 15 juta masker sampai dengan bulan Mei 2022, mudah-mudahan sekali lagi dengan pembagian masker ini dan dengan vaksinasi kita segera bisa lepas dari pandemi covid-19,” imbuhnya

Maka dengan adanya penurunan kesadaran masyarakat terhadap penerapan Prokes seperti penggunaan masker, Suharyanto mengatakan bahwa pihaknya akan menghalalkan kembali terkait penerapan tersebut.

“Jadi dengan adanya penurunan kasus di akhir tahun 2021 (kemarin), kemudian awal-awal tahun akhir tahun 2022 memang satgas melaksanakan survei melaksanakan pengukuran keterangan ya khususnya yang menjaga protokol kesehatan pakai masker memang ada penurunan sehingga salah satunya kita gencarkan lagi,” tuturnya

Ditempat yang sama, menurut Pelaksana Tugas (PLT) Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan bahwa dengan adanya program pemberian masker gratis di Jawa Barat khususnya Kota Bandung ini, pihaknya berencana akan melakukan pembagian tersebut di 20 titik keramaian yang ada di Kota Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan