Wow! Ikan Ini Harganya Ratusan Juta

Seorang nelayan Segarau, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, berhasil menangkap ikan berharga ratusan juta. Nelayan yang bernama Wardi ini beruntung bisa menjual ikan seharga Rp140 juta.

Ikan tirus hasil tangkapan Wardi, memang memiliki sesuatu yang sangat berharga bagi kesehatan dan dunia kedokteran. Gelembung ikan renang yang terdapat dalam ikan tirus, menjadi bagian organ ikan yang paling mahal, bisa berharga ratusan juta rupiah.

Menilik tentang harga jualnya yang fantastis, para nelayan di Merauke, Papua, maupun daerah lainnya, rela berada di laut hingga berpuluh-puluh hari demi mendapatkan ikan yang harganya ratusan juta itu.

Pencarian ikan tirus yang memiliki gelembung ikan mahal, menjadi salah satu alasan mereka. Nilai gelembung ini dipengaruhi oleh jenis kelamin ikannya.

Bila jantan pinggirnya cenderung berbentuk tipis dan tengahnya tebal. Jika ikan betina, permukaan gelembung ikan cenderung tebal, tapi di dalamnya sedikit.

Nah inilah yang menjadikan harga gelembung jantan lebih mahal harganya. Seperti gelembung gulama, per 1 klo dapat mencapai belasan juta.

Adapun gelembung kakap china jantan, per kilonya dapat mencapai puluhan juta rupiah. sedangkan gelembung ikan tirus, bisa dihargai selangit.

Gelembung ikan atau gelembung renang (fish maw) merupakan salah satu organ pada ikan. Berisi gas seperti oksigen dan memiliki tekanan yang berubah-ubah.

Organ ini memiliki fungsi penting bagi ikan, seperti misalnya membantu ikan untuk mengapung di dalam air. Sehingga ikan tidak harus berenang secara terus menerus untuk mempertahankan posisinya di dalam air.

Dikutip dari laman kkp.go.id, manfaat dari gelembung ikan bagi kesehatan yakni sebagai sumber kolagen, meningkatkan metabolisme tubuh, dan meningkatkan kecerdasan bayi.

Berikut ini manfaat dari gelembung ikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.